BandungKlik – Putu—salah satu kue tradisional Indonesia—masuk dalam daftar kue terbaik dunia versi Taste Atlas. Menurut daftar “50 Best Cakes” yang dirilisnya Juli 2022, kudapan ini berada di urutan ke-45 dengan skor 4,21.

Tentu saja, dengan rilisnya daftar tersebut, kue berbentuk tabung ini telah membawa nama Indonesia semakin mendunia. Ada lebih dari 20 negara yang kue tradisionalnya masuk 50 besar terbaik versi Taste Atlas.

Kue terbaik terbanyak datang dari Jerman sebanyak enam kue, lalu Prancis dan Amerika Serikat masing-masing lima kue. Namun begitu, kue terbaik pertama versi ini berasal dari Bulgaria dengan skor 4,75. Namanya, Torta Garash.

Ciri khas

Meskipun warna hijau paling populer, kue putu umumnya hadir dengan dua warna, yaitu hijau dan putih dengan isian yang supermanis di dalamnya. Biasanya dijual oleh pedagang kaki lima, menggunakan gerobak atau dipikul sembari keliling permukiman.

Nama kudapan bertekstur padat, tetapi lembut saat disantap ini memang cukup dikenal oleh masyarakat. Ini tak dimungkiri. Salah satu cirinya adalah bunyi khas yang ditimbulkan dari lubang uap tempat mengukus. Bunyinya akan terdengar cukup jauh dan ini seolah mengganti “teriakan” yang biasa dilakukan pedagang lain saat menjual dagangannya.

Cita rasa putu

Sedari dulu, kue kukus ini diolah dari tepung ketan yang diberi bumbu dan diwarnai dengan daun pandan. Adonannya dikukus secara tradisional dalam catakan batang bambu, sedangkan bagian tengah kue diisi dengan gula aren. Saat dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut segar.

Kue yang biasa disajikan di atas daun pisang ini memang sedap disantap selagi hangat. Takaran adonan yang tepat dan proses mengukus yang pas bakal membuat kudapan ini terasa istimewa. Terlebih, jika ditemani segelas air teh hangat tanpa gula.

Kudapan serupa

Selain kue putu, jenis kudapan serupa berwarna hijau yang sedap ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina. Beberapa orang percaya bahwa kue-kue ini mungkin terinspirasi oleh puttu—camilan serupa yang berasal dari India. *

Silakan baca:

Jajanan Khas Jabar yang Punya Nama Unik, Wajib Cicip!

Mencicipi Manis dan Legitnya Bongko Arosbaya Bangkalan