Lebaran, Tempat Wisata di Dua Daerah di Jabar Ditutup

wisata jabar
Wanawisata Gunung Putri, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat. (Opik Surya).*

 

BandungKlik – Tempat wisata di dua daerah di Jawa Barat yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya ditutup saat Lebaran tahun 2021. Mengingat dua daerah tersebut saat ini masuk zona merah penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di halaman depan Gedung Sate Kota Bandung usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2021.

“Makanya dengan berat hati saya sampaikan di hari ini. Minggu ini ada dua zona merah di Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya. Sesuai arahan Kapolri yang zona merah itu pariwisata akan ditutup,” ujar Ridwan, Rabu (5/5/2021), dikutip dari jabarprov.go.id.

Dalam kesempatan itu, Ridwan berpesan kepada kepala daerah setempat dan Kapolda Jawa Barat untuk bertindak tegas kepada pengunjung yang tetap memaksa berwisata.

“Jadi, saya titip kepada kepala daerah dan Pak Kapolda. Yang masuk zona merah agar tidak ada lagi destinasi wisata yang buka dan disosialisasikan kepada masyarakat,” katanya berpesan.

Sementara itu, untuk daerah yang berstatus zona oranye hingga saat ini masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Dengan begitu belum berlaku penutupan tempat wisata di daerah-daerah tersebut.

“Untuk  zona oranye saya akan konsultasikan, memang arahannya juga tidak. Tapi terpantau yang secara tegas adalah zona merah,” ujar Ridwan.

Di seluruh Indonesia, mulai hari ini berlaku efektif peniadaan mudik yakni 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 70/KS.01.01/SATPOL PP tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat dalam Penanganan Covid-19 selama masa Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah/ 2021.

Dengan adanya larangan tersebut, masyarakat diharapkan patuh demi kepentingan bersama. Selain itu, selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. *

Silakan baca: Inilah Aturan Pengetatan dan Larangan Mudik Lebaran 2021