Layanan Pemeriksaan GeNose C19 Hadir Lagi di 4 Stasiun

tes genose c19
Petugas sedang melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. (dok. kai.id).*

 

BandungKlik – PT KAI membuka lagi layanan pemeriksaan atau tes GeNose C19 di empat stasiun sejak 28 Februari 2021. Keempat stasiun tersebut adalah Stasiun Purwokerto, Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng.

Dengan tambahan ini, sekarang jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 12 stasiun. Sebelumnya, layanan ini sudah dibuka di delapan stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, Yogyakarta, dan Surabaya Pasarturi.

Menurut rencana, PT KAI bakal menambah layanan untuk mendeteksi Covid-19 ini hingga tersedia total 44 stasiun. Untuk itu, PT KAI akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo dan UGM guna memastikan kesiapan layanan.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari kai.id.

Joni mengatakan, hal tersebut terkait persyaratan naik kereta api jarak jauh sesuai Surat Edaran Kemenhub No. 20 Tahun 2021.

Disampaikannya, sampai 26 Februari 2021, KAI telah melayani 84.794 peserta GeNose C19 di stasiun. Di delapan stasiun yang membuka layanan tes GeNose C19 dan tes cepat antigen, rata-rata peserta tes cepat antigen mencapai 638 orang per hari. Sementara pemeriksaan GeNose C19 4.653 orang per hari.

“Meski peminat GeNose C19 tinggi, KAI tetap menyediakan rapid test antigen yang tersebar di 45 stasiun,” ujar Joni.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode pemesanan kereta api jarak jauh yang sudah lunas. Biaya pemeriksaan sebesar Rp 20 ribu per orang.

Adapun hasil tes GeNose C19 yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkan. Hasil pemeriksaan dapat diguanakan di seluruh stasiun keberangkatan kereta jarak jauh.

Sementara itu, untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan sampelnya diambil maksimal 1 x 24 jam sebelum jam keberangkatan. *

Silakan baca:

KAI Tambah 6 Stasiun Layani Tes GeNose C19