Lanskap Keindahan Bukit Wairinding di Sumba Timur

Bukit Wairinding
Lanskap indah Bukit Wairinding di Sumba Timur. (dok. pesona.travel)

 

BandungKlik  – Bukit Wairinding menjadi salah satu destinasi favorit di Sumba Timur karena pesona keindahan lanskap alamnya. Lanskap perbukitan hijau nan luas bergelombang dengan lekukan yang menakjubkan.

Bukit indah ini berada di Desa Pambota Jara, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berjarak sekitar 25 kilometer di selatan Waingapu, Ibu Kota Sumba Timur, dan berada sekitar 50 meter dari sisi jalan trans Sumba.

Akses menuju ke sana pun mudah digapai. Lokasinya ditandai dengan sebuah rumah dan warung kecil di pinggir jalan. Setiap wisatawan yang melewati jalan tersebut, bisa berhenti sejenak untuk berfoto dan menikmati pemandangan Bukit Wairinding yang elok dan mempesona.

Bukit Wairinding sering pula disebut “bermuka dua”. Sebab penampilannya berbeda jika dikunjungi saat musim hujan dan kemarau. Di musim hujan, bukit ini akan berwarna hijau, bagai perbukitan New Zealand. Sementara saat kemarau, akan berwarna kuning seperti di Afrika.

Kapan pun dan apa pun warna yang muncul, Bukit Wairinding tetap tampil memesona dan menakjubkan. Sayang jika pergi ke Sumba tanpa mengunjungi Bukit Wairinding. Jangan lupa jadikan lanskap indahnya sebagai latar foto yang ciamik.

Ditambah aktivitas anak-anak lokal yang sedang bermain dan ramah kepada para wisatawan menjadi daya tarik tersendiri. Meski tampak sebagai hal yang sederhana, tapi dampaknya dapat membuat siapa pun yang datang akan terpesona pada pandangan pertama.

Silakan baca: Hamparan Indah Savana Bukit Ledongara di Pulau Sumba

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Bukit Waringin tak dikenakan biaya masuk alias gratis. Namun disarankan untuk mengisi buku tamu yang telah disediakan. Lebih baik lagi memberikan donasi seikhlasnya untuk kesejahteraan masyarakat setempat.*

 

 

Sumber: pesona.travel