Laguna Venesia, Kota Maritim Berarsitektur Unik

venesia
Kota Venesia, Italia. (dok. italia.it).*

 

BandungKlik – Venesia, kota dengan laguna yang indah. Situs ini mencapai luas 70 ribu hektare dengan latar belakang alam dan sejarah yang mengagumkan. Pada abad ke-10, kota ini menjadi kekuatan besar di ranah maritim Italia.

Venice and Its Lagoon, nama lengkapnya, termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1987. Kota di wilayah Veneto Italia utara ini didirikan pada abad ke-5 dan tersebar di 118 pulau kecil.

Awalnya, kota ini hadir ketika Venetian, rakyat Venesia, melarikan diri dari serangan barbar dan ditemukan di pulau-pulau berpasir seperti Torcello, Jesolo dan Malamocco. Permukiman mereka secara bertahap menjadi permanen sebagai tempat berlindung para petani dan nelayan. Selama berabad-abad, mereka pun berkewajiban mempertahankan pasar perdagangan melawan komersialisasi bangsa Arab, Genoa, dan Turki Ottoman.

Pesona yang tersaji tentu saja kota dengan karya arsitektur luar biasa. Bahkan, bangunan terkecil di sana dihiasi karya sejumlah seniman besar dunia semisal Giorgione, Titian, Tintoretto hingga Veronese.

Keindahan Venesia dan lanskap laguna adalah hasil dari proses dinamis yang menggambarkan interaksi antara manusia dan alam dari waktu ke waktu. Sentuhan tangan masyarakat di kawasan itu telah menunjukkan sebuah kreativitas dan nilai seni yang tinggi.

Warisan budaya yang unik dan mengagumkan terakumulasi dalam laguna selama berabad-abad. Hal ini dibuktikan dengan penemuan arkeologi penting di seputar Altino dan situs lainnya di wilayah daratan.

Secara keseluruhan, Venesia dan lanskap laguna tidak terpisahkan dari Kota Venesia sebagai jantung sejarah yang terus berdenyut hingga kawasan itu mencapai tingkat artistik yang unik. Venesia memiliki serangkaian arsitektur yang menggambarkan kemegahan. Terdapat monumen besar semacam Piazza San Marco dan Piazzetta (Katedral, Palazzo Ducale, Marciana, Museo Correr Procuratie Vecchie).

Kota ini menyajikan tipologi lengkap arsitektur abad pertengahan dengan karakter dan pengaturan perkotaan yang luar biasa. Venesia melambangkan perjuangan kemenangan rakyat sekaligus memiliki ikatan kuat dengan sejarah umat manusia. *

Silakan baca: Petra Yordania, Kota Batu nan Jelita

 

Sumber: whc.unesco.org