Kota dengan Waktu Puasa Terlama dan Tersingkat di Dunia

waktu puasa kota dunia
Peta lama waktu puasa kota-kota di berbagai belahan dunia. (dok. al-jazeera).*

 

BandungKlik – Umat Muslim di seantero dunia mengawali puasa Ramadan tahun ini pada 13 April 2021. Puasa dimulai sebelum matahari terbit hingga terbenam berlangsung antara 10 hingga 21 jam, tergantung di belahan dunia mana Anda berada. Dengan begitu, ada negara atau kota dengan waktu puasa terlama dan tersingkat.

Jumlah waktu siang hari bervariasi antara negara yang satu dengan lainya. Umat Muslim yang tinggal di negara-negara paling selatan di dunia seperti Chili akan berpuasa rata-rata 11 jam. Sementara, umat Muslim yang tinggal di negara-negara utara seperti Norwegia akan berpuasa lebih dari 18 jam.

Berikut daftar kota di dunia dengan waktu puasa terlama hingga tersingkat:

Di kota-kota paling utara yang ekstrem seperti Longyearbyen di Norwegia matahari tidak terbenam dari 20 April hingga 22 Agustus. Seturut fatwa yang dikeluarkan, umat Muslim yang berpuasa di daerah tersebut untuk mengikuti pengaturan waktu puasa di Mekah Saudi Arabia atau negara Muslim terdekat.

Ramadan dimulai 10 hingga 12 hari lebih awal setiap tahun. Hal ini disebabkan penanggalan Islam didasarkan pada penanggalan lunar Hijriah dengan lama hari 29 sampai 30. Ramadan berikutnya yang akan dimulai sekira 13 April lagi adalah tahun 2054, 33 tahun dari sekarang. *

Silakan baca: Doa Berbuka Puasa Menurut Hadis Sahih

Silakan baca: Jadwal Salat dan Puasa Ramadan 1442 H Kota Bandung

Sumber: al-jazeera