BandungKlikKota Bandung meraih penghargaan sebagai Kota Metropolitan Ramah Sepeda Terbaik II. Penghargaan ini diberikan Komunitas Sepeda Bike to Work (B2W) Indonesia. Peringkat Terbaik I dan III, masing-masing diraih DKI Jakarta dan Kota Surabaya.

Penghargaan diserahkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik kepada Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Pada acara “B2W Indonesia Award Kota Ramah Sepeda Tahun 2021”, di Ballroom Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (21/12/21).

Mengutip dari laman humas.bandung.go.id, Yana mengatakan, animo bersepeda masyarakat Kota Bandung cukup tinggi. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berusaha untuk memfasilitasi sarana dan prasarana para penggiat sepeda.

“Di Kota Bandung terjadi euforia bersepeda. Animo tersebut kami (Pemkot Bandung) fasilitasi dengan membuat berbagai infrastruktur khususnya jalur-jalur sepeda. Sehingga harapannya penggiat sepeda di Kota Bandung bisa bersepeda dengan aman dan nyaman,” tutur Yana.

Yana pun mengucapkan syukur atas apresiasi yang diberikan Komunitas Bike To Work Indonesia kepada Pemkot Bandung. Atas capaian ini, ia berharap semakin banyak masyarakat Kota Bandung yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi publik.

Silakan baca: Tips Bersepeda di Perkotaan agar Aman dan Selamat

“Sehingga dapat mengurai kemacetan, mengurangi polusi. Insyaallah warga Kota Bandung semakin sehat,” ucap Yana.

Dalam kesempatan itu juga, Yana mengimbau kepada pesepeda semakin tertib berlalu lintas. Serta tak lupa untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Jalur Sepeda

Selanjutnya,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyampaikan, usulan penambahan jalur sepeda sudah berjalan dan setiap tahunnya akan ada penambahan jalur. Hal ini sebagai salah satu strategi pendekatan dan memancing masyarakat untuk menjadikan bersepeda sebagai kegiatan keseharian.

“Melalui usulan yang disampaikan, program dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung itu sudah berjalan teru. Dan setiap tahun menambah panjang dari jalur sepeda,” ujarnya.

“Komunitas juga sudah bergerak. Terlebih secara khusus DPU sudah mempunyai agenda untuk satu hari bersepeda di hari Selasa,” sambung Didi yang juga menjabat sebagai salah satu Dewan Penasehat Bike To Work Indonesia.

Silakan baca: Komunitas Reptil UPI, Lahir dari Kesamaan Hobi

Kemudian, untuk menunjang fasilitas bersepeda khususnya bagi anak-anak. Atas arahan Plt. Wali Kota Bandung, DPU berencana membuat ruang bermain sepeda anak di Kota Bandung.*