Kota Bandung Ternyata Lebih Luas dari Enam Negara Ini

luas negara bandung
Flyover Pasupati Kota Bandung. (bpsdm.pu.go.id).*

 

BandungKlik Wilayah Kota Bandung memiliki luas 167,67 kilometer persegi. Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini ternyata lebih luas dari enam negara di dunia. Negara mana saja?

1. Kota Vatikan

Negara ini terletak di tengah Roma, Italia. Kota Vatikan merupakan rumah Tahta Suci pemerintahan Gereja Katolik Roma. Jadi, seberapa kecil negara ini? Kota Vatikan sebenarnya menempati wilayah kurang dari satu mil persegi. Ya, luar bisa kecilnya, hanya seluas 49 hektare atau 0,49 kilometer persegi dengan populasi sekitar 900 orang.

2. Monako

Monako adalah kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania di Riviera Prancis. Secara geografis, negara ini juga sangat kecil karena hanya menempati kurang satu mil persegi tepatnya 202 hektare (2,02 kilometer persegi). Industri utamanya adalah pariwisata. Negara ini kerap menjadi penyelenggara Grand Prix de Monaco.

3. Nauru

Hanya sekira 25 mil selatan khatulistiwa, Nauru adalah pulau karang yang muncul di barat daya Samudera Pasifik. Negara penghasil fosfat ini menempati wilayah sekira 20 kilometer persegi. Nauru umumnya dianggap sebagai salah satu pulau yang kebarat-baratan di Pasifik selatan. Hampir semua makanan, barang manufaktur bahkan air didatangkan dari Australia.

4. Tuvalu

Negara ini terdiri dari kepulauan kecil berupa pulau karang di barat-tengah Samudera Pasifik. Luas wilayahnya mencapai 26 kilometer persegi. Tuvalu telah disebut negara tenggelam. Naiknya permukaan air laut akibat pemanasan global perlahan menutupi daratannya. Sekarang, penduduknya banyak yang berimigrasi ke negara-negara terdekat seperti Selandia Baru.

5. San Marino

San Marino adalah rumah bagi sekira 33 ribu orang Sammarinese. Negara republik ini terkurung daratan di tengah Italia. Luas wilayahnya sekitar 61 kilometer persegi dan sebagian besar perkotaan. Pariwisata dan pertanian sama-sama penting bagi negara ini. Bahasa Italia adalah bahasa lisan resmi San Marino.

6. Liechtenstein

Terletak antara Austria dan Swiss, Liechtenstein menempati wilayah sekitar 160 kilometer persegi. Negara yang dipimpin oleh monarki konstitusional ini adalah rumah bagi 38 ribu – 39 ribu orang. Pergunungan Alpen manjadi salah satu daya tarik Liechtenstein yang menjadikan pariwisata sebagai bagian utama ekonominya.

Nah, itulah enam negara yang luas wilayahnya lebih kecil dari Kota Bandung. Setelah Liechtenstein adalah negara Kepulauan Marshall. Wilayahnya mencapai 181 kilometer persegi, sedikit lebih luas dari Kota Bandung. *

 

Silakan baca: 14 Kota di Pulau Jawa Dengan Julukan “van Java”

Silakan baca: Kota Bandung Masuk 50 Besar Smart City Dunia

 

Foto: worldatlas.com/shutterstock