Komunitas Reptil UPI, Lahir dari Kesamaan Hobi

Komunitas Reptil UPI
Sebagian Anggota Brothers Reptile UPI. (Foto: @brothersreptileupi)

 

BandungKlik  – Komunitas reptil di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, lahir dari kesamaan hobi memelihara ragam  hewan reptil. Hobi yang cukup ekstrem karena reptil cenderung ditakuti kebanyakan orang.

Komunitas yang mayoritas anggotanya para mahasiswa ini, menamakan dirinya “Brothers Reptile UPI”. Terbentuk sekitar tahun 2010 dan beranggotakan sekitar 40 orang.

Menurut Derry Aulia, Wakil Ketua Brothers Reptile yang juga alumni UPI ini mengatakan, kini anggota Brothers Reptile bukan hanya mahasiswa UPI, namun juga ada dari kampus lain di Bandung.

“Selain mahasiswa UPI, ada juga dari kampus lain seperti UNPAS, NHI, dan lainnya. Hewan peliharaannya kebanyakan ular jenis pyton, ada juga buaya muara, iguana, soa-soa, biawak, salvator, lizard, hingga kura-kura,” jelasnya saat ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu.

Silakan baca: Mengayuh Sepeda Mengenang Sejarah Ala PSB Bandung

Ia menambahkan, para anggota komunitas reptil UPI tersebut banyak tertarik reptil karena terlihat unik. Perawatannya juga cukup mudah, tak ada perawatan khusus. Hanya perlu memperhatikan suhu kandang, karakter alami hewan, serta pakan mereka.

“Soal makanannya cukup mudah dan irit di kantong, terutama ular yang hanya makan satu kali dalam seminggu,” imbuhnya.

Brothers Reptile juga membuka keanggotaan bagi siapa saja yang mempunyai peliharaan reptil ataupun yang belum memilikinya. Jika berminat bisa datang ke sekre Brothers Reptile di Taman Bareti, Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Bandung.

Biasanya para anggota komunitas ini berkumpul setiap Rabu, mulai pukul 12 siang. Namun sekarang, saat kondisi sedang pandemi Covid-19, mereka meliburkan dulu kegiatan berkumpulnya.*