BandungKlik – Kabupaten Kuningan di Jawa Barat memiliki objek wisata kolam pemandian yang dihuni ikan unik yang dikenal dengan sebutan Ikan Dewa. Tempatnya yaitu Wisata Kolam Ikan Dewa Cibulan Kuningan.

Kolam Ikan Dewa Cibulan ini merupakan objek wisata tertua yang ada di Kuningan. Tak hanya sebagai kolam ikan, tempat wisata tersebut juga tenar sebagai kolam pemandian umum. Peresmiannya dilakukan pada 27 Agustus 1939, oleh Bupati Kuningan kala itu, yakni R.A.A. Mohamand Achmad.

Wisata kolam pemandian ini berlokasi di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Kuningan. Sedangkan dari Kota Cirebon berjarak sekitar 28 km.

Di dalam objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35×15 meter persegi dengan kedalaman kurang lebih 2 meter.

Sementara kolam kedua berukuran 45×15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dengan kedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua sedalam 120 sentimeter.

Silakan baca: Lima Destinasi Wisata Alam Favorit di Kuningan

Air di kolam Cibulan Kuningan ini selalu terlihat bersih, karena rutin dikuras atau diganti airnya. Dalam waktu dua minggu sekali atau lebih tergantung kondisi kebersihan air.

Ikan Dewa di Kolam Cibulan

Setiap kolam di Cibulan dihuni puluhan ikan yang berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai kancra bodas. Atau lebih dikenal dengan sebutan ikan dewa oleh masyarakat setempat.

Ukuran Ikan Dewa atau kancra bodas di kolam pemandian Cibulan bervariasi. Mulai dari yang panjangnya 20 sentimeter hingga ada yang mencapai 1 meter.

Ikan Dewa sendiri adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul karena dipercaya mempunyai keistimewaan tertentu. Meski semua kolam itu dihuni puluhan ikan kancra bodas atau ikan dewa, kolam-kolam di sini juga dibuka sebagai kolam pemandian umum.

Silakan baca: Bertemu Ikan Dewa di Kolam Cigugur Kuningan

Destinasi wisata Cibulan Kuningan ini, sudah dilengkapi dengan fasilitas khas tempat pemandian bagi para pengunjung. Seperti tempat ganti pakaian, 6 buah kamar kecil, dan 2 buah kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang. Selain objek wisata Cibulan, wisatawan juga bisa melihat Ikan Dewa di Kolam Cigugur, Kuningan.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disporapar Kuningan