BandungKlik – Dalam rangka menyambut Ramadan sejumlah asosiasi hotel di Kota Bandung berkolaborasi menggelar Jumat Berbagi. Bentuknya dengan membagikan makanan dalam kotak dan “beberes” di Masjid Agung Al Ukhuwah Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat ( 01/04/2020).

Aksi Jumat Berbagi hasil kolaborasi asosiasi hotel di Bandung ini juga bertepatan dengan pergantian bulan yakni awal April. Menjadikan momen kebangkitan dari pandemi Covid-19 dengan cara berbagi makanan yang sudah terkumpul 1.500 box.

Kolaborasi asosiasi hotel di Bandung yang berpartisipasi dalam Jumat Berbagi tersebut, diantaranya Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA), Riung Priangan, Hotel Front Liner Association (HFLA). Lalu Indonesia Housekeepers Association (IHKA), Indonesian Chef Association (ICA), Hotel Information Technology Association (HITA). Serta Food and Baverage Manager Bandung Association (FBMBA), Association Chief Engineer (ACE), dan Assosiasi Manajemen Sumberdaya Insani Hotel (AMSIH).

Sejumlah assosiasi hotel di Bandung ini berkumpul dengan uniform atau seragam hotel masing-masing. Menggambarkan keberagaman warna, namun tetap menyatu dalam satu momen Jumat Berbagi dengan satu Ukhuwah.

Hadir pula beberapa vendor hotel mendukung kegiatan Jumat Berbagi dengan menyiapkan alat pembersih lantai hingga desinfektan. Untuk digunakan bebersih di seluruh area Masjid Agung Al Ukhuwah Bandung.

Rangkaian Jumat Berbagi

Menurut Ketua Panitia Jumat Berbagi, Prayogi Rahman, bahwa target hari ini dalam sambut Ramadan adalah bebersih masjid. Selanjutnya penyemprotan desinfektan sekaligus setelah sholat Jumat dibagikan 1.500 makanan dalam box. Untuk jemaah Masjid Agung Al Ukhuwah dan warga yang melintas hingga di Jalan Wastukencana.

Silakan baca: Kalender Event Bandung 2022 Hadirkan 78 Event

“Kegiatan Jumat Berbagi ini nantinya diadakan bukan hanya menjelang Ramadan saja, kita memiliki target di momen menjelang Natal dan hari-hari baik lainnya lintas agama. Hal ini menghendaki profesi kita bukan berpihak pada mayoritas atau minoritas tapi semuanya nanti momennya sama,” jelas Prayogi Rahman yang akrab disapa Yogi.

asosiasi hotel di Bandung

Biasanya, kata Yogi, kegiatan Jumat Berbagi seperti ini dilaksanakan oleh masing-masing asosiasi bahkan di momen tertentu melakukan sesuatu sesuai agendanya.

“Saat ini, kita bisa berkumpul bersama, agar rangkaian asosiasi yang berada di Bandung dan Jawa Barat dapat terangkul melakukan hal yang sama. Saat kita bersatu, kita akan kuat, momen apapun dapat dijalankan dengan koordinasi yang baik. Momen Jumat Berbagi ini tercetus 2 minggu yang lalu hingga terkumpul 7 asosiasi hotel ini, dan terima kasih banyak atas semangat ini,” papar Yogi.

Penyemangat Ibadah Puasa

Semoga momen menyambut Ramadan di tahun ini dengan Jumat Berbagi menjadi pemicu dan penyemangat ibadah puasa dan ibadah lainnya. Guna menyebarkan kebaikan untuk sesama manusia terus berlangsung.

“Sebagai bahan edukasi juga, bahwa meski semua hari sama, bagi muslim Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Selain disebut sebagai Rajanya Hari karena banyaknya peristiwa yang terjadi pada Hari Jumat ini,” terang Yogi.