BandungKlik – Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022 telah sukses digelar selama tiga hari, Sabtu – Senin (14 – 16/5/2022).

Bertempat di Trans Convention Center, Kota Bandung, rangkaian acara dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. KKJ dan PKJB keempat ini digagas oleh Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat.

Adapun tema yang diusung tahun ini adalah “Ekonomi Hijau dan Keuangan Eksklusif untuk Percepatan Ekonomi Berkelanjutan.” Lebih jauh, acara ini digelar dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja.

“Ekonomi hijau dan ekonomi digital adalah tiga sekawan yang akan membawa Indonesia menuju peradaban yang lebih unggul,” kata Ridwan. “Karena itu, Pemprov Jawa Barat terus berinovasi mewujudkan kemajuan tiga ekonomi tersebut.”

Salah satu upayanya adalah penyelenggaraan KKJ dan PKJB setiap tahun untuk memajukan UMKM terbaik di Jawa Barat. Pada penyelenggaraan KKJ dan PKJB 2022 ada 85 UMKM terbaik di Jawa Barat yang memamerkan produk-produk unggulannya.

Beragam produk unggulan yang dipamerkan antara lain kriya, fashion, kuliner, dan industri kreatif dari Jawa Barat. Namun, agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan KKJ kali ini menampilkan UMKM teh dan pelaku industri animasi.

Dalam rangkaian acara ini juga diselenggarakan business matching lima UMKM unggulan Jawa Barat dengan potential buyer dari berbagai negara.

Penampilan spesial

Di samping pameran, gelar wicara, atraksi budaya Jawa Barat, lomba foto dan lainnya, ada sebuah tradisi unik. Apa itu?

Ya, setiap dinas di lingkungan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat harus turut dalam fashion show untuk mempromosikan kekayaan batik Jawa Barat.

Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja beserta jajaran kepala dinas, bahkan bergaya di atas catwalk KKJ dan PKJB 2022. Kata Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya dalam unggahan di akun Instagram-nya, “Kami semuanya all out sebagai bentuk dukungan penuh bagi UMKM dan industri kreatif Jabar.” *

 

Silakan baca:

Ekraf Jabar Masih Disangga Kriya, Kuliner, dan Fashion