Kisah Mula Kota Bandung dari Titik Nol Kilometer

tugu nol kilometer bandung
Tugu Nol Kilometer Kota Bandung. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

Di lokasi inilah kisah mula Bandung dibangun menjadi kota. Tugu Nol Kilometer Bandung di Jalan Asia Afrika diresmikan pada 18 Mei 2004 oleh Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan.

 

BandungKlik – Banyak kisah dan cerita yang melatarbelakangi tugu ini, termasuk kisah pilu rakyat Bandung saat pembangunan Jalan Raya Pos. Sebelum itu, ada sebuah peristiwa penting bagi Bandung sekaligus menjadi tonggak sejarah kota ini.

Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd!” (Coba usahakan, bila aku datang kembali, di tempat ini telah dibangun sebuah kota!).

Begitulah ucap Gouverneur Generaal Mr Herman Willem Daendels seraya menancapkan tongkatnya di sekitar tempat yang kelak disebut nol kilometer Kota Bandung. Ketika itu, ia ditemani Bupati Bandung RA Wiranatakusumah II menyambangi sebuah dusun yang tadinya sepi, kemudian berkembang menjadi kota nan ramai. Inilah Kota Bandung.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada 1810, saat Daendels menjadi “penguasa” Nusantara. Namun, Bupati RA Wiranatakusumah II (1794 – 1829) yang dikenal sebagai Dalem Bandung adalah pendiri Kota Bandung.

Kota Bandung dipetakan pertama kali pada 1825 dalam Rencana Tata Kota yang disebut Plan der Nagorij Bandong. Geliat Bandung sebagai kota dimulai pada awal abad ke-19. Salah satunya dengan dimulainya pembangunan Jalan Raya Pos (Grote Postweg) yang melintasi Bandung. Jalur ini membentang dari Pulau Jawa bagian barat hingga bagian timur sejauh kurang lebih 1.000 kilometer, dari Anyer sampai Panarukan.

Pembangunan proyek ini membuat jalan di Kota Bandung dari semula kecil menjadi lebih lebar; dari suasana yang sepi berangsur mulai banyak dikunjungi pendatang; dari sebuah desa kecil menjadi kota besar.

Silakan baca: Daftar Wali Kota Bandung dari Masa ke Masa

Klik halaman berikutnya