BandungKlik – Kini warga Jawa Barat (Jabar) bisa melakukan pernikahan di mal pelayanan publik (MPP) melalui fasilitas gerai nikah. Salah satunya berlokasi di Lotte Grosir, Kabupaten Bekasi yang baru diresmikan pada Rabu (17/11/21).

MMP Bekasi tersebut diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Lotte Grosir menjadi MPP ketujuh di Jabar dan ke-46 di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur yang akrab disapa Emil ini, berkomitmen akan terus mendorong pendirian mal pelayanan publik (MPP). Agar masyarakat bisa terlayani dengan baik.

“Ini mal pelayanan publik ketujuh yang ada di Jawa Barat. Tentunya kita dorong di Jawa Barat memang macam-macam modelnya ada yang ikut bangunan komersial, apapun itu, mudah-mudahan memudahkan,” tutur Emil, dikutip dari laman jabarprov.

Menempati area seluas 1.000 meter persegi, MPP Kabupaten Bekasi saat ini melayani berbagai pelayanan administrasi di dalamnya. Seperti pelayanan administrasi, perizinan, dan non-perizinan dari 20 organisasi perangkat daerah (OPD), BUMN, serta layanan perbankan.

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain ruang pelayanan disabilitas, ruang pengaduan dan konsultasi, meja layanan mandiri, Anjungan Dukcapil Mandiri, gerai nikah, dan “lounge” investasi. Selain itu, juga tersedia musala, toilet, ruang bermain anak, ruang laktasi, pojok jajanan, pojok baca, dan pusat ATM.

Pelayanan Prima

Sementara itu, Tjahjo Kumolo mengatakan, kehadiran mal pelayanan publik membantu meringankan segala urusan masyarakat di Kabupaten Bekasi. Apalagi, kabupaten ini memiliki wilayah yang cukup luas serta jumlah penduduk yang banyak.

Silakan baca: Daftar Mal dan Pusat Perbelanjaan di Bandung

“Dengan 30 juta penduduk dan wilayah yang luas, siapa pun yang bertanggung jawab sebagai kepala daerah, harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, yang terbaik buat seluruh warganya,” ujarnya.

Ia juga menyatakan, mal pelayanan publik bisa mempercepat proses perizinan yang berdampak kepada jumlah investasi yang naik serta mempercepat proses perizinan.

“Jangan mau didikte pengusaha, tapi jangan pemerintah daerahnya neko-neko sudah ada layanan publik harus cepat sesuai aturan,” tegas Tjahjo.

Selanjutnya, Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki menyampaikan, kehadiran MPP Kabupaten Bekasi merupakan komitmen dari Pemkab Bekasi untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan bersama mal pelayanan publik. Ini menjawab keinginan masyarakat Kabupaten Bekasi yang membutuhkan pelayanan cepat dan murah,” ucapnya.

Silakan baca: Pariwisata Jabar Utamakan Konsep Kultural dan Ecotourism

Usai acara peresmian, Gubernur jabar Ridwan Kamil menyempatkan diri menjadi saksi nikah pertama di Gerai Nikah MPP Kabupaten Bekasi.*