Kereta Api Baturraden Ekspres Resmi Beroperasi

kereta api baturraden ekspres
Rangkaian KA Baturraden Ekspres usai peresmian dan diberangkatkan perdana pada Jumat (25/6/2021) dari Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (kai.id).*

 

BandungKlik – Kereta Api Baturraden Ekspres relasi Purwokerto – Bandung PP via Cikampek resmi beroperasi. Peresmian dan peluncuran kereta ini berlangsung di Stasiun Purwokerto, Jumat 25 Juni 2021.

Hal ini ditandai dengan pemberangkatan perdana kereta tersebut yang dilakukan oleh Dirut KAI Didiek Hartantyo dan Komisaris KAI Cris Kuntadi. Hadir pula Bupati Banyumas Achmad Husein saat peresmian.

“KAI tetap menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru,” ujar Didiek. Menurut dia, kehadiran kereta baru agar dapat membantu konektivitas masyarakat khususnya dari dan menuju Kabupaten Banyumas.

Didiek mengatakan, perjalanan KA Baturraden Ekspres juga untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. Dengan demikian, semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api. Selama ini, perjalanan kereta api dari Stasiun Purwokerto menuju Bandung hanya dilayani satu kereta api kelas ekonomi yaitu KA Serayu.

KA Baturraden Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 5.40. Kereta berhenti di Stasiun Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi dan tiba di Stasiun Bandung pukul 12.09.

Sebaliknya, dari Stasiun Bandung berangkat pada pukul 16.30. Sebelum tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54, kereta berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, dan Bumiayu.

Soal tarif, untuk kelas Eksekutif mulai Rp 160 ribu dan kelas bisnis mulai Rp 130 ribu. Untuk rute tertentu KAI menawarkan tarif khusus.

Silakan baca: Ini Tarif Khusus Kereta Baturraden Ekspres & Nusa Tembini

Lebih lanjut Didiek mengatakan, di masa pandemi Covid-19 KAI tetap berkomitmen menerapkan protokol kesehatan. Guna menciptakan physical distancing antarpelanggan, KAI hanya menjual tiket maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk.

Guna memudahkan pelanggan, KAI sudah menyediakan layanan GeNose C19 dengan tarif Rp 30 ribu di 65 stasiun. Untuk tes cepat antigen sudah tersedia di 40 stasiun dengan tarif Rp 85 ribu.

“KAI tetap berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ketat,” ujar Didiek. Tentunya sebagai upaya menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, nyaman, dan aman sampai tujuan. *

 

Silakan baca: Jadwal Kereta Api Baturraden Ekspres Bandung – Purwokerto PP