Kepulauan Diomede, Berdekatan Tetapi Beda Waktu 23 Jam

kepulauan diomede
Desa Diomede (Inalik) di pantai barat Little Diomede Islands Alaska. (Dok. amusingplanet).*

 

BandungKlik – Kepulauan Diomede merupakan sepasang pulau berbatu di tengah Selat Bering, antara daratan Alaska dan Siberia. Meski berjarak 3,8 kilometer saja tetapi perbedaan waktu keduanya 23 jam.

Kok bisa? Kalau di Indonesia, jarak sejauh itu mungkin masih dalam satu kelurahan. Namun, ini punya cerita lain. Di kepulauan tersebut terhampar dua pulau yaitu Big Diomede dan Little Diomede.

Dikutip dari amusingplanet.com, Diomede adalah pulau yang datar, tepinya curam dan sangat terisolasi oleh laut yang ganas dan kabut yang menyelimuti pulau.

Ketika Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia pada tahun 1867, itu termasuk Little Diomede. Pulau ini terdiri dari granit kapur atau monzonit kuarsa. Sementara Big Diomede tetap milik Rusia dan menjadi pangkalan militer serta tak berpenghuni.

Awalnya, pulau-pulau ini dihuni Yupik Eskimo sejak 3.000 tahun silam. Rata-rata suhu musim panas di sana 4-10 derajat Celcius. Sementara jika musim dingin suhu berkisar -12 hingga -14 derajat Celcius. Saat musim dingin yang membekukan, terkadang bongkahan es bergerak di perairan terbuka membentuk jembatan es yang menghubungkan kedua pulau.

Pada saat seperti itu praktis orang dapat berjalan antara Amerika Serikat dan Rusia. Tentu, orang tidak diizinkan menyeberang secara hukum.

kepulauan diomede
Garis dan batas penanggalan internasional Kepulauan Diomede. (Dok. amusingplanet).*

Dalam perkembangannya, Little Diomede berkembang menjadi komunitas kecil yang dihuni sekira 75 orang. Di sana terdapat fasilitas sekolah dan gereja.

Eskimo Diomede menjalani gaya hidup subsisten, memanen ikan dan kepiting, berburu paus beluga, walrus, anjing laut, dan beruang kutub. Sebagian besar pasokan kebutuhan sehari-hari berasal dari toko-toko di daratan seperti Wal-Mart yang didatangkan setiap tahun melalui tongkang.

Perbedaan 23 jam antara Big Diomede dan Little Diomede dikarenakan garis penanggalan internasional yang sekaligus menandai perbatasan Rusia dan Amerika Serikat. Waktu di Big Diomede 23 jam lebih awal. Sebab itulah, terkadang keduanya disebut “Tomorrwow Island” dan “Yesterday Island.” *

Silakan baca:

Museo Atlantico, Museum Unik di Dasar Laut Lanzarote