Kepergok T-Rex di Museum Geologi Bandung

t-rex
Fosil T-Rex, salah satu koleksi utama Museum Geologi. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Kepergok T-rex! Begitulah jika berkunjung ke Museum Geologi Bandung. Fosil raja dinosaurus itu berdiri kokoh di ruang peragaan dan selalu menjadi daya pikat. Bahkan hampir selalu “memergoki” pengunjung yang menatapnya dengan kagum.

Betul, T-rex tercatat sebagai salah satu koleksi utama museum yang diresmikan 16 Mei 1929. “Museum ini tergolong lengkap dan masuk daftar museum geologi terbesar di Asia Tenggara,” kata Danang, salah seorang pemandu di museum itu, tempo hari.

“Koleksi utamanya antara lain fosil T-rex dan gajah,” ujarnya mengimbuhkan.

Museum Geologi punya ratusan ribu koleksi mencakup batuan, mineral, dan fosil. Semua koleksi yang ada erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia. Misalnya, koleksi fosil T-Rex dan gajah blora serta batuan dan batuan mulia di seluruh Indonesia.

Selama tiga hari mulai 21 – 23 Desember 2020, Museum Geologi menyelenggarakan Pameran Virtual Batu Mulia Kemilau Indonesiaku.

Museum Geologi terdiri dari empat ruangan dan setiap ruangan menyajikan tema yang berbeda. Di lantai 1, ruang pamer menyajikan tema Geologi Indonesia dan Sejarah Kehidupan.

Nah, di ruang inilah fosil T-Rex dipamerkan bersama fosil binatang purba lainnya. Sebut saja fosil gajah blora, gajah flores hingga kerbau. Di lantai ini juga dipamerkan sejarah alam semesta dan pembentukan planet bumi.

Sementara itu, tema Geologi dan Kehidupan Manusia dipamerkan di lantai dua yang mencakup tema Sumber Daya Geologi, Manfaat dan Bencana Geologi. Di sana dipamerkan aneka tambang hingga mineral.

Namun sayang, masyarakat yang penasaran dan hendak berkunjung saat ini harus bersabar. Karena pandemi Covid-19 masih melanda, museum sementara ditutup untuk umum.

Jika kondisi sudah normal kembali, selain waktu reguler, Museum Geologi juga membuka tur museum pada malam hari yang diberi nama “Night at Museum Geologi.”

Rencananya, program ini kembali menjadi agenda rutin di tahun 2021 bahkan masuk Calendar of Event Bandung City 2021. Tahun depan, Night at Museum Geologi digelar setiap minggu keempat sepanjang tahun. *

Jam Kunjungan

Senin – Kamis

Pukul 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu

Pukul 08.00 – 14.00 WIB

Jumat dan Libur Nasional

Tutup

Lokasi:

Jl. Diponegoro No. 57 Kota Bandung

Telepon: 022 721 3822

Silakan baca:

Tips Anti Bosan Saat Berkunjung ke Museum

Menilik Peristiwa Sejarah di Bawah Monpera Jabar