BandungKlik – Selain Warteg atau Warung Tegal sebagai tempat makan yang membawa nama Tegal tenar ke mana-mana. Masih banyak kuliner khas Kota Tegal lainnya yang jarang ditemui di daerah lain.

Berikut ini ada 4 kuliner khas Kota Tegal yang wajib dicicipi kelezatannya, saat nanti berlibur atau mampir ke kota di Jawa Tengah ini.

Sauto Tauco Tegal

Kuliner yang satu ini merupakan sauto atau soto khas Kota Tegal. Sauto Tegal berbeda dengan soto-soto di daerah lain karena ada unsur racikan Tauco Tegal, yang memiliki sensasi rasa manis asem, dan asin.

Sauto Tauco Tegal disajikan dalam mangkok kecil, di atas lepek (tatakan piring kecil). Isian sauto tersebut mirip dengan soto lainnya. Ada daging suwir atau potongan babad rebus, taoge, bawang prei, brambang goreng dan tentunya sebagai ciri ditambahkan tauco sebelum disiram kuah. Aroma tauconya pun cukup terasa.

Ada satu tempat yang direkomendasi untuk merasakan kenikmatan Sauto Tauco Tegal, yaitu Sauto Pasar Senggol. Lokasinya di kawasan sebelah Utara Alun-Alun Kota Tegal. Sesuai namanya, untuk mendapatkan semangkok Sauto Tegal harus antre, kadang harus saling bersenggolan di pasar ini.

Kupat Glabed Tegal

Glabed merupakan makanan khas sebagai ketupatnya orang Tegal. Kupat Glabed hampir sama dengan ketupat lainnya, hanya berbeda pada kuah yang kental (ngglabed) dengan topping kerupuk kuning.

Biasanya disajikan dengan lauk tambahan berupa sate kikil dan sate kerang. Kombinasi sate kerang dan kuah kuning menjadikan ketupat lebih lezat. Cita rasanya yang gurih sungguh menggugah selera.

Silakan baca: Lezatnya Tahu Aci, Kudapan Sederhana Khas Tegal

Penyajian Kupat Glabed hampir sama dengan kupat khas daerah lain. Potongan kupat disiram dengan kuah santan kuning kental yang dibubuhi tempe. Kemudian diberi toping kerupuk mi dan ditaburi bawang goreng.

Penjual Kupat Glabed banyak dijumpai di wilayah Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan. Kota Tegal, Jawa Tengah.