BandungKlik – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Kementerian PUPR menggelar kegiatan “Ngabuburit Bareng Influencer”. Acara yang mengundang puluhan influencer dan bloger dari Jakarta dan Bandung ini, membahas perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kegiatan berlangsung di Swiss-Belresort Dago Heritage, Jl. Lapangan Golf Dago Atas No.78, Kota Bandung, Jumat (15/3/24). Dengan mengusung tema “Sudah Sejauh Mana Perkembangan IKN”.

Kemkominfo dalam acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo RI Usman Kansong. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi.

Selanjutnya, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara Myrna Asnawati Safitri. Direktur Jenderal Ciptakarya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti. Serta Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary, dan Akademisi Institut Teknologi Bandung Suhono H. Supangkat.

Sejauh ini, Kemenkominfo secara masif melakukan penyebaran informasi terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. Termasuk berbagai fasilitas komunikasi dan informasinya, yakni Pusat Data Nasional. Serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya pembangunan IKN.

Pengetahuan Perkembangan IKN

Menurut Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong, Kemenkominfo sengaja mengumpulkan influencer, blogger dan content creator dari Jakarta dan Bandung. Tujuannya guna memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kemenkominfo berharap dengan acara ini rekan-rekan influencer, blogger dan content creator dapat menularkan pengetahuannya tentang IKN kepada masyarakat. Melalui konten-konten yang mereka buat,” ungkap Usman Kansong dalam sambutannya.

Silakan baca: Dukung IKN Nusantara, Jabar Berikan Air dan Tanah 27 Kabupaten/Kota

Ia juga menuturkan, Kemenkominfo akan menyiapkan data-data yang dibutuhkan influencer, blogger dan content creator untuk keperluan membuat konten.

“Nantinya mereka akan menyebarkan konten di media sosial agar tersebar dengan luas,” ucapnya.

Lebih lanjut Usman mengatakan, influencer, blogger dan content creator yang memiliki kinerja terbaik akan dibawa menjalani tur di IKN bersama Influencer dari daerah lain.

“Mereka akan melihat secara langsung perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang setuju dengan urgensi dan kepentingan pemindahan ibu kota Jakarta ke IKN di Kalimantan yang menurut survei baru 56 persen,” ungkap Usman.

Pusat Data Nasional (PDN)

Masih kata Usman, Kemenkominfo juga tengah memproses pembangunan sarana telekomunikasi seperti fiber optik.

“Ibu Kota Nusantara di Kalimantan akan dijadikan Smart City. Selain itu di IKN akan dibangun Pusat Data Nasional, setelah sebelumnya dibangun di Cikarang dan Batam,” terangnya.

Usman Kansong menyampaikan, Pusat Data Nasional (PDN) penting di era digital sekarang ini. “Dengan adanya PDN, maka kita bisa melindungi data, mengurangi pencurian data, dan kebocoran data,” paparnya.

Sementara itu, para influencer dan bloger yang mengikuti acara “Ngabuburit Bareng Influencer” tampak begitu antusias. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan mengikuti pemaparan materi narasumber dengan serius.

Seperti yang diungkapkan Dede Diaz salah satu bloger dari Bandung. Ia bersama rekan-rekan blogger Bandung sangat antusias mengikuti acara yang digelar Kemenkominfo RI ini.

Silakan baca: Enam Desa Wisata di Kalimantan dengan Pesona Khas

“Semoga ke depan rekan-rekan Bloger Bandung dapat berangkat mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan. Kami akan intens berkomunikasi dengan rekan-rekan Bloger Jakarta untuk mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.*