Kemenparekraf Fokus Gelar Sport Tourism Saat Pandemi

sandiaga sport tourism
Menparekraf Sandiaga Uno. (Dok. kemenparekraf).*

 

BandungKlik – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan fokus menggelar sport tourism atau wisata olah raga di saat pandemi. Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat berjumpa dengan Menpora Zainudin Amali di kantor Kemenpora di Senayan Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Menurut Sandiaga, potensi wisata olah raga di Indonesia sangat besar sehingga dapat menciptakan peluang lapangan kerja. Bahkan di tengah pandemi—dengan pendekatan inovasi, banyak kegiatan wisata olah raga yang bisa tetap digelar meski secara hybrid.

Potensi inilah yang bakal dikembangkan Kemenparekraf tiga bulan ke depan.

“Saya ingin gerak cepat merealisasikan beberapa isu quick win yang bisa kita lakukan dalam lingkup sport tourism,” kata Sandiaga, dikutip dari laman kemenparekraf.go.id. “Beberapa agenda tentunya berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” katanya mengimbuhkan.

Adapun agenda wisata olah raga yang bakal difokuskan antara lain golf. Selain di Jakarta, event tersebut rencananya digelar juga di Bali, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau. Selain itu, ada triathlon di Danau Toba dan Labuan Bajo.

Sandiaga mengatakan, pariwisata berbasis olah raga bukan hanya mencari prestasi tetapi juga rekreasi. Karena itu, penyelanggaraannya mesti dirancang dengan baik dan berkualitas. Dengan begitu, agenda wisata olah raga dapat menarik kunjungan wisatawan datang ke destinasi wisata di Indonesia.

“Ekosistem pariwisata berbasis olah raga ini banyak sekali yang berkaitan dengan wellnes atau kesehatan kita. Di tengah pandemi, kita akan dorong konsep pariwisata berkualitas. Bukan hanya prestasi tetapi juga rekreasi,” tutur Sandiaga.

Menurutnya, kegiatan wisata olah raga bakal mendorong sektor ekonomi kreatif. Misalnya, dalam hal pengadaan medali atau baju atlet dan sebagainya. Diharapkan, semua kebutuhan penyelenggaraan sepenuhnya bisa menggunakan produk lokal yang berkualitas.

“Kalau bisa semuanya ‘Bangga Buatan Indoesia’ sehingga menjadi bangga berwisata di Indonesia,” kata Sandiaga. *

Silakan baca:

Dongkrak Pariwisata Indonesia, Ini Jurus Jitu Sandiaga Uno