Kembali Tren, Tampil “Hot” Dengan Jaket Pilot

jaket pilot
Jaket pilot militer USAF. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Model jaket pilot kembali tampil menjadi tren baru-baru ini. Bahkan, model dengan brand tertentu dinilai “hot” dari sisi harga lantaran statusnya langka dan terbatas di pasaran.

Popularitas jaket penerbang memang tengah mengangkasa terutama di kalangan penghobi dan komunitas. Meski awalnya diperkenalkan di dunia militer tetapi jaket penerbang akrab juga di tengah masyarakat sipil untuk menunjang penampilan sehari-hari. Sedikitnya ada dua bahan umum yang dipakai untuk jaket pilot. Selain dari bahan kulit, ada juga bahan kain parasut (polyester).

Di kalangan penggemar jaket penerbang khususnya di Indonesia, model-model klasik berbahan kulit ternyata cukup banyak diminati. Mengapa? Bahan jaket ini bisa bikin tubuh terasa lebih hangat karena cukup baik menahan terpaan angin. Misalnya, saat berkendara sepeda motor.

Namun, jaket pilot berbahan kain parasut tak kalah popularitasnya. Ciri khasnya antara lain dua saku pingang di kiri dan kanan, dan saku  kecil di lengan sebelah kiri bagian atas (pen pocket). Selain itu, ada saku di bagian dalam jaket yang kebanyakan dilapisi kain satin.

Sedangkan pada bagian kerah ada banyak pilihan tergantung model dan desain yang dikeluarkan produsen. Kerah jaket pilot ada yang dilengkapi topi (kupluk), bulu atau kulit. Sementara warna luar pilihannya cukup banyak, seperti hijau, biru, oranye, merah hati, hitam hingga abu-abu.

Jaket Sipil

“Jaket pilot memang dibuat untuk kalangan militer. Namun, produsen ada yang membuatnya untuk masyarakat sipil dan kini tengah menjadi tren. Yang membedakan ada pada label dan beberapa detail  jaket,” kata Dodo W, pemerhati jaket militer klasik dan fashion, beberapa waktu lalu di Bandung.

jaket pilot

Menurut dia, berbagai merek telah diluncurkan dan banyak digunakan serta dikoleksi masyarakat. Misalnya, Avirex, Alpha Industries, Schott, Buzz Rickson hingga Alpinestar di ranah nonmiliter.

Seri jaket yang banyak dicari, katanya mengimbuhkan, antara lain G7, MA-1, A1, A2, G1, G2 yang biasa dipakai pilot pesawat tempur yang relatif terbang rendah. Sedangkan untuk pilot bomber yang umumnya terbang lebih tinggi ada seri N2B atau N3B.

Bagi Anda yang gemar berpenampilan dengan nuansa militer, jaket pilot adalah pilihan tepat. Jaket bisa dipadupadankan dengan celana jin atau katun dan sepatu bot. *

Silakan baca:

Tweed, Wol Kasar yang Tenar Karena Salah Tulis