KEK Singhasari Fokus pada Pengembangan Ekonomi Digital

KEK Singhasari
Lanskap panorama alam KEK Singhasari Malang. (dok. Kemenparekraf_Shutterstock Farris Noorzali)

 

BandungKlik – Pemerintah membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) di berbagai wilayah di Indonesia. Tujuannya guna mempercepat pembangunan sektor parekraf. Salah satunya adalah KEK Singhasari di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

KEK Pariwisata tersebut dibuat fokus pada sektor ekonomi kreatif. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pembangunan KEK Singhasari diharapkan dapat menghadirkan peningkatan keterampilan, upskilling, dan reskilling untuk milenial, serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Menparekraf pun meyakini Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari bisa menjadi “Silicon Valley”-nya Indonesia, sekaligus melahirkan produk unggulan.

Mengutip dari laman Kemenparekraf, kawasan Singhasari telah ditetapkan sebagai KEK sejak 27 September 2019. Dengan luas area mencapai 120,3 hektare, KEK ini disiapkan khusus sebagai pusat pariwisata dan pengembangan teknologi.

Penetapan itu didasari banyaknya keunggulan yang dimiliki kawasan Singhasari ini. Salah satunya lokasi yang strategis, berada di Malang Raya yang telah ditetapkan sebagai jantung ekonomi kreatif di Jawa Timur.

Silakan baca: Inilah 6 KEK Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kini, KEK Singhasari terkoneksi langsung dengan ruas tol Pandaan-Malang, serta Jalan Nasional Gempol-Malang. Selain itu, juga dekat dengan pusat transportasi publik, yaitu Stasiun Kereta Api Kota Malang, Bandara Abdul Rachman, Bandara Internasional Juanda Surabaya, serta Pelabuhan Tanjung Perak.

Ditambah populasi penduduk di kawasan Malang Raya ini cukup besar, sehingga dapat menjadi kunci pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang potensial dalam ekosistem digital. Mengingat banyak komunitas startup dan game developers di Malang Raya yang siap berkolaborasi dengan KEK ini.

Keunggulan itulah yang tentunya sejalan dengan tujuan dari KEK Singhasari, yaitu fokus dalam pengembangan ekonomi digital. Sehingga, nantinya akan mendukung Indonesia untuk bersaing di industri 4.0.

Silakan baca: 5 Museum di Malang, Wisata Edukasi Menarik

Potensi lainnnya, KEK Singhasari unggul juga di sektor pariwisata dengan tema heritage and historical tourism. Hal ini dilatarbelakangi nilai situs sejarah Kerajaan Singhasari yang telah dikenal di seluruh nusantara.*