Kejuruan Terapis Spa Andalan Kemnaker Dukung Pariwisata

terapis spa
Ilustrasi terapis spa. (orane).*

 

BandungKlik – Kejuruan terapis spa (spa therapist) akan jadi andalan Kementerian Ketenagakerjaan dalam mendukung pariwisata. Untuk itu, Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas khusus traditional healing segera dibangun di kawasan destinasi pariwisata.

Pelatihan vokasi yang menarik itu guna mempersiapkan tenaga kerja kompeten dan berdaya saing. Nantinya kejuruan dikembangkan secara berkesinambungan sesuai kebutuhan dan potensi daerah masing-masing. Selain terapis spa, ada juga kuliner, pembuatan konten film dan youtuber, barista hingga animasi.

“Sejumlah BLK Komunitas di kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa. Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemnaker telah bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah dan lain-lain,” tutur Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Kejuruan spa therapist akan dapat melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri maupun wirausaha. Dengan begitu, peluang bagi lulusannya untuk bekerja menjadi lebih besar.

Silakan baca: Spa Tradisional Indonesia dengan Aneka Rempah Alami

Dikutip dari laman kemnaker.go.id Ida mengatakan, para siswa pelatihan spa di BLK Komunitas tersebut akan diajarkan tentang cara meramu bahan-bahan ramuan tradisional. Tak hanya itu, siswa akan belajar memijat, totok wajah, refleksi, lulur, dan creambath. Cara menyambut tamu, menjaga kebersihan dam kenyamanan ruangan spa juga akan mereka pelajari.

Ida juga mengatakan, spa merupakan layanan jasa penunjang pariwisata. Terlebih, Indonesia kaya akan rempah-rempah dan bahan jamu-jamuan.

“Lama pelatihan sekitar 1,5 bulan. Nanti setelah lulus pelatihan, para siswa akan menerima sertifikat yang sudah disiapkan dan didampingi untuk penempatan kerjanya,” kata Ida.

Selain spa therapist, pelatihan kuliner juga bakal terus dikembangkan karena merupakan sub industri jasa pariwisata. Lebih dari itu, makanan dan minuman merupakan kebutuhan sehingga usaha kiliner tetap menjanjikan. Pelatihan kuliner juga banyak diminati di BLK Komunitas Kemenaker.

Melalui BLK Komunitas bidang kuliner, kepiawaian membuat aneka masakan akan diajarkan. Tak hanya menu nusantara tetapi juga masakan internasional, seperti aneka kreasi pasta, pizza, dan sushi. *

Silakan baca: Spa dan Retret Kesehatan Favorit di Bali