BandungKlik – Berbicara wisata Magelang di Jawa Tengah memang tak lepas dari Candi Borobudur. Namun selain itu, kabupaten yang sekelilingnya terdapat lima gunung ini, juga punya banyak objek wisata alam yang indah. Seperti Air Terjun Sumuran salah satunya.

Air terjun tersebut tampil cantik dengan ketinggian lebih kurang 30 meter. Ditambah daya tarik tiga kolam di bawahnya yang akan menggoda wisatawan untuk berenang menikmati kesegarannya. Kedalamannya 1 hingga 2 meter dengan pancuran berbentuk kepala singa yang menjadi keunikan tersendiri.

Adanya pancuran berkepala singa di Air Terjun Sumuran, seakan membawa wisatawan berada di sebuah pura di Bali. Lingkungannya pun cukup hening dan berhawa sejuk, sehingga membuat betah dan nyaman untuk berlama-lama.

Ketika memasuki destinasi wisata Magelang yang satu ini , wisatawan bisa langsung menyaksikan pesona air terjun yang memukau. Di sini kalian hanya akan mendengar suara alam dan jatuhan air terjun tersebut.

Silakan baca: Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang yang Memukau

Terdapat pula hamparan hutan di sekeliling Air Terjun Sumuran yang masih alami. Batu-batu berlumut dengan udara sejuk di antara tebing tinggi menjulang. Butiran air yang jatuh terbawa angin, seperti embun yang akan menyegarkan wajah. Pesona alamnya sangat memanjakan, cocok buat tempat healing dan refreshing.

Berada di objek wisata ini makin nyaman dengan tersedianya sejumlah fasilitas yang cukup memadai. Salah satunya di sekitaran air terjun terdapat 5 gazebo untuk bersantai-santai dan beristirahat. Sembari menikmati indahnya alam sekitar.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Sumuran

Wisata air terjun Magelang tersebut terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berada di bawah kaki Gunung Telomoyo. Butuh sekira dua jam perjalanan menuju air terjun ini. Melalui jalur utama Magelang – Semarang ke arah Kecamatan Grabag.

Untuk menjangkau Air Terjun Sumuran, wisatawan dapat menjangkaunya via jalan yang cukup bagus. Kalian bisa menggunakan kendaraan motor maupun mobil untuk menempuhnya.

Silakan baca: Serunya Wisata Offroad Merapi Jurang Jero Magelang!

Perjalanan tersebut akan melewati jalan cor blok Desa Seloprojo. Lalu berlanjut dengan menyusuri jalur setapak tanah di dalam hutan pinus, kurang lebih selama 45 menit.*