BandungKlik – Antapani, salah satu  kecamatan yang disebut-sebut memiliki indeks kebahagiaan tertinggi di Kota Bandung rupanya masih juga punya mimpi. Selalin terus-menerus menata ini-itu yang selaras dengan visi Kota Bandung, yaitu “Memantapkan kualitas infrastruktur dan lingkungan dalam mendukung perekonomian kota menuju Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis”.

“Mimpi-mimpi Antapani” tersebut dipaparkan Camat Antapani, Rahmawati Mulia dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Antapani Kota Bandung. Dilangsungkan di Gedung Setia Bintang Graha, Jalan Terusan Jakarta, Bandung, Selasa 31 Januari 2022.

“Ada enam mimpi Antapani yang sedang diupayakan perwujudannya,” ungkap Rahmawati.

Pertama, memindahkan kantor kecamatan; Kedua, revitalisasi lapangan Gasmin (Gasibu Mini); Ketiga, penataan PKL; Keempat, pemeliharaan dan pengawasan bantaram sungai (Cidurian dan Cipamokolan); Kelima, mengoptimalkan fungsi terminal Antapani; Keenam, kerja sama dengan PT KAI memanfaatkan lahan sawah menjadi Buruan SAE.

Dari keenam mimpi itu, memindahkan kantor kecamatan menjadi perhatian dan mendapat sambutan dari peserta musrenbang. Dewasa ini aktivitas kantor kecamatan yang membawahi 63 RW dan 342 RT ini sering kali menghadapi hambatan teknis dikarenakan daya tampung perkantorannya tidak seimbang dengan kegiatan administratif sehari-hari.

Di suatu kesempatan lain Rahmawati pernah mengatakan, “Kalau ada Pemilu, Pilpres Pilgub atau Pilwalkot dan kegiatan lainnya yang memerlukan pergudangan kami betul-betul mengalami kesulitan”.

Silakan baca: Kawasan Padat Penduduk Cidurian Bandung Disulap Jadi Spot Foto Instagrammable

Paparan Ibu Camat ini tak urung jadi bincangan para peserta musrenbang di jeda rehat pertemuan tersebut. Terungkap juga keluhan warga yang tinggal di 3 wilayah perbatasan dengan kecamatan lain. Mereka mengalami kesulitan mobilitas apabila harus mengurus administrasi ke kantor kecamatan di Jalan AH. Nasution dekat Cikadut.

Pemindahan Kantor

Usulan pemindahan kantor kecamatan ke lingkar Gasmin ini disambut baik karena kelak kantor Kecamatan Antapani berada di tengah pemukiman warga di wilayah seluas 400,543 hektar ini. Seperti sudah dikenal warga setempat, di lingkar Gasmin terdapat gedung berlantai 3 yang dikelola IPPHI (Ikatan Persaudaraan Haji) Kota Bandung.

Antapani Bandung
Musrenbang RKPD Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Antapani Kota Bandung. (Foto: Adi R.)

Di awal-awal keberadaanya warga setempat mengenalnya dengan sebutan wisma haji. Namun lebih sering sekadar disewakan untuk resepsi khitanan, pernikahan, atau pertemuan lainnya.

Ungkapan kehendak warga tersebut terwakili oleh Prof. Dr. Asep Warlan. S.H., M.H sebagai pembicara representatif  Forum Peduli Antapani. Menurutnya, kantor kecamatan Antapani memang seharusnya berlokasi di tengah masyarakat lalu mengajak seluruh lapisan masyrakat warga Antapani membangun kebersamaan untuk mewujudkan “mimpi-mimpi” tersebut.

“Demi mewujudkan niat baik kita memang perlu kebersamaan, karena dengan kebersamaan kita akan memiliki kekuatan,” tegasnya.

Beberapa usulan lain dari musrenbang ini di antaranya tertuju kepada Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Dinas Perhubungan Kota Bandung. Berkenaan dengan semakin padatnya lalu lintas di Antapani.

Silakan baca: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Salah satu opsi penanggulannya adalah diperlukannya perbaikan infrastruktur, penerangan  jalan umum dan juga lingkungan. Yang dirasakan mendesak adalah perbaikan zebra cross dan pengadaan rambu-rambu  lalulintas, demi keselamatan para pejalan kaki.*