Ke Savana Teletubbies Bromo, Tak Perlu Menunggu Dipsy

savana teletubbies
Panorama savana dan bukit Teletubbies di kawasan Bromo Jawa Timur. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur dikenal sebagai destinasi wisata menakjubkan di Indonesia. Jika ke Bromo, lengkapilah perjalanan wisata dengan berkunjung ke Savana Teletubbies.

Daya tarik objek wisata Gunung Bromo memang luar biasa. Selain menikmati sunrise dan melihat kawah, wisatawan dapat mengarungi lautan pasir baik dengan berkuda maupun berjalan kaki.

Satu hal yang sering dilewatkan adalah destinasi menarik berupa savana. Namanya, Savana Bromo. Namun, masyarakat lumrah menyebutnya Savana Teletubbies.

Sayang memang, destinasi ini terkadang dilewat wisatawan begitu saja. Lantas, bagaimana wisatawan dapat berkunjung ke savana indah ini?

Savana Teletubbies terletak sekira 5 kilometer dari kawah Bromo, tepatnya di Lembah Jampang. Untuk tiba di sana, wisatawan tak perlu mencari transportasi lain sebab akan diantar jip yang sudah disewa sebelumnya. Kembali mengarungi lautan pasir.

Silakan baca:

Pantai Wediombo DIY, Pasir Luas dan Kolam Alami Unik

Sesuai namanya, destinasi ini berupa savana yang mirip seperti dalam film Teletubbies. Tak syak lagi, ini savana yang  memanjakan mata bak permadani hijau raksasa. Lanskap alam ini didominasi tumbuhan dan tanaman jenis pakis, ilalang, lavender serta rerumputan lainnya. Berada di sana seperti sedang bermain di hamparan bukit Teletubbies yang hijau dan indah.

savana bromo teletubbies

Tak perlu menunggu Tinky Winky, Laa-laa, Dipsy, dan Po untuk sekadar bermain, berswafoto dan berkuda di bukit dan Savana Teletubbies Bromo.

“Savana Bromo atau Teletubbies sebenarnya sepaket dengan destinasi lainnya yaitu lokasi tempat melihat sunrise, destinasi kawah dan lautan pasir. Hanya saja, mungkin karena berada di ujung dan biasanya destinasi terakhir yang disambangi, banyak wisatawan yang melewatkannya begitu saja. Sayang sebenarnya,” tutur Hari, pemandu di Kawasan Gunung Bromo, beberapa waktu lalu.

Kata dia, alasan lainnya kemungkinan wisatawan lebih lama menghabiskan waktu di seputar kawah sehingga waktu ke savana menjadi terlampau siang. Apalagi wisatawan sudah mengawali trip sejak dini hari. *

Silakan baca:

Punthuk Setumbu, Spot Sunrise dan Siluet Borobudur