KBRI Ankara Promosi Pariwisata Secara Daring di Turki

pariwisata indonesia
Tangkapan layar presentasi promosi pariwisata Indonesia di Izmir Tourism Fair and Festival Turki yang digelar secara virtual pada 25-27 Januari 2021. (dok. ANTARA/HO-KBRI Turki).*

 

BandungKlik – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara gencar melakukan promosi pariwisata Indonesia di Turki. Promosi tentang informasi destinasi unggulan di Indonesia itu dilakukan secara daring. Meskipun waktu kembali masuknya pelancong asing ke tanah air belum diketahui pasti.

Dikutip dari ANTARA, dikabarkan KBRI di Ankara Turki telah mengikuti Izmir Tourism Fair and Festival secara virtual. Pada ajang yang digelar pada 25 – 27 Januari 2021 lalu, KBRI memfasilitasi pertemuan bisnis antara pelaku pariwisata Turki dan Indonesia.

“Selagi di dalam negeri pemerintah fokus memitigasi pandemi, kami memilih mulai mempersiapkan pembukaan kembali melalui berbagai upaya promosi,” kata Sekretaris III Fungsi Sosial Budaya KBRI Ankara Raditya Aji.

Dikatakannya, ketika aktivitas pariwisata dapat kembali berjalan normal, Indonesia sudah berada di dalam radar destinasi wisatawan Turki.

Hal senada juga dikatakan Mutlu Zafrak, salah seorang pelaku pariwisata Turki. Kata dia, Indonesia sudah menjadi salah satu destinasi yang diminati oleh para wisatawan Turki.

Silakan baca:

15 Alasan Indonesia Jadi Destinasi Liburan Berikutnya

“Akibat pandemi Covid-19, sudah banyak orang ingin sekali pergi ke Bali. Saya sudah banyak menerima permintaan dari orang-orang Turki, dan juga dari Inggris dan Jerman. Dalam kesempatan ini, saya ingin mencari rekanan agensi tur di Bali,” tutur Zafrak, pemilik perusahaan Jimbotur asal Turki.

Pelaku pariwisata dari Indonesia juga menunjukkan antusiasme yang serupa. “Kita sudah berbagi informasi dengan agen-agen tur di Turki mengenai paket wisata ke Bali dan wilayah Indonesia lainnya. Dalam paket tersebut kita juga sudah persiapkan aspek protokol kesehatannya,” tutur John dari agensi pariwisata Maestro Bali Travel.

Dalam pameran yang berlangsung dua hari itu, KBRI Ankara mempersiapkan gerai virtual yang menyajikan konten digital pariwisata Indonesia bagi pangunjung. Pihak KBRI telah menyampaikan presentasi dalam forum utama pameran mengenai persiapan protokol kesehatan berbasis CHSE di Indonesia.

Tak hanya itu, promosi pariwisata Indonesia dilakukan juga dengan memanfaatkan platform media sosial dan menggandeng sejumlah pembuat konten atau influencers. *