BandungKlik – Kawasan Benteng Portugis di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menjadi destinasi wisata unggulan yang sarat akan nilai historis. Lokasinya berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, berjarak sekira 45 km di sebelah timur laut pusat kota Jepara.

Benteng Portugis Jepara tersebut merupakan salah satu situs cagar budaya yang mempunyai nilai sejarah yang penting bagi perkembangan Kabupaten Jepara. Selain itu juga memiliki potensi alam yang menarik.

Bangunan benteng ini didirikan pada tahun 1632 oleh Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyockrokusumo. Bekerja sama dengan Portugis yang pada saat itu berseteru dengan VOC Belanda.

Letaknya cukup strategis untuk kepentingan militer zaman dahulu, sehingga benteng tersebut difungsikan sebagai markas tentara Portugis. Bertujuan untuk menghalau kapal-kapal niaga VOC yang melintas bahkan yang ingin mendarat di pantai utara Jawa. Salah satu strateginya, Portugis menempatkan beberapa meriam berkemampuan jarak tembak hingga 3 km.

Setelah Malaka yang sebagai kota utama Portugis dapat direbut VOC pada tahun 1641. Akhirnya pada tahun 1642, Bangsa Portugis angkat kaki dari benteng tersebut.

Silakan baca: 14 Kota di Pulau Jawa dengan Julukan “van Java”

Daya tarik lain dari Benteng Portugis Jepara, yaitu adanya dua buah gua. Serta di sebelah barat benteng terdapat benteng pengintai berukuran 2,5 x 4 meter yang berfungsi sebagai tempat pengintaian musuh. Serta tempat menyimpan senapan laras panjang tentara Portugis di lubang- lubang kecil yang berjejer di benteng pengintai tersebut.

Potensi Wisata

Selain sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya, kawasan Benteng Portugis juga menyajikan potensi keindahan alam yang besar dan terlengkap di Kabupaten Jepara. Antara lain wisatawan dapat melihat pemandangan bukit, Gunung Cagar Alam Clering, pesona laut dan pantai.

Selain itu, juga bisa menikmati keindahan hamparan batuan sedimen yang jarang dijumpai di pantai lain. Ditambah keindahan panorama Pulau Mondoliko yang letaknya tepat berada di utara Benteng Portugis.

Wisatawan juga bisa mencoba atraksi wisata minat khusus, seperti memancing, tracking, outbond, camping, hiking, dan wisata meditasi. Jalur tracking atau hiking di sana, menelusuri bukit benteng yang terdapat bebatuan besar serta pepohonan yang rindang.

Silakan baca: Benteng Belgica, Peninggalan Portugis yang Direbut Belanda

Bagi usia anak-anak bisa diajak berenang di kolam yang tersedia di kawasan tersebut. Atau memilih menaiki perahu wisata. Jika ingin bermalam, tinggal memilih akomodasi sejumlah pondok penginapan di sekitar lokasi.*

 

 

 

Sumber & Foto: tic.jepara.go.id