Kangkung Bukan Hanya Enak Ditumis, Ini Manfaat Lainnya

kangkung
Kangkung. (aessensegrows).*

 

BandungKlik – Kangkung atau bayam air yang dikenal sebagai sayuran berdaun hijau dipercaya punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sayur ini kebanyakan dihidangkan dan dikonsumsi dengan cara ditumis yang menggugah selera.

Bayam air juga sangat populer di pasaran karena tren sayuran organik semakin meningkat. Sayuran tropis ini memiliki 51 kalori untuk setiap 100 gramnya dan kandungan kalsium yang melimpah. Mengutip dari drhealthbenefits, berikut manfaat kangkung selengkapnya.

1. Mengandung tinggi yodium dan seng

Yodium dan seng dalam satu ons kangkung bisa mencapai 2,2 miligram. Ini cukup potensial sebagai alternatif pengobatan anemia.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Untuk menghindari sembelit, akan jauh lebih baik untuk mengonsumsi banyak sayuran, terutama kangkung yang kaya akan serat dan vitamin.

3. Banyak mineral untuk menjaga kesehatan ginjal

Kangkung mengandung banyak air untuk membantu kerja ginjal dalam menyaring darah. Kandungan air dalam sayuran ini sekira 82 gram untuk setiap 100 gramnya.

4. Menyuburkan rambut

Vitamin B dalam kangkung dapat membantu menyuburkan rambut hingga ke akar dan menyehatkan kulit kepala sehingga rambut lebih sehat.

5. Sumber vitamin

Seperti sayuran lain yang mengandung vitamin A tinggi, kangkung juga punya beta karoten yang akan mencerahkan mata Anda.

6. Membantu menyembuhkan bekas luka

Saat Anda mengalami bekas luka atau kulit yang rusak, mengonsumsi sayur hijau ini akan membantu mempercepat pemulihan kulit.

7. Mencegah radikal bebas

Sayur bernama ilmiah Ipomoea aquatica ini mengandung antikoksidan dan vitamin C yang dapat membantu menyerap racun dan membuangnya dari tubuh.

8. Menguatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi kangkung dapat memperbaiki kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, membantu memperbaiki sel-sel tubuh agar dapat beregenerasi dengan baik.

9. Pemicu nafsu makan

Perpaduan sup kangkung dan nasi dapat menetralkan lambung dari gas dan asam dan membuat lambung menjadi lebih baik dan nyaman.

10. Menjaga kesehatan jantung

Kangkung mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan jantung dan membuatnya bebas dari penyumbatan kolesterol.

11. Mengurangi tekanan darah tinggi

Asam folat dalam sayuran ini bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendurkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah.

12. Mencegah diabetes

Rutin mengonsumsi kangkung akan membantu tubuh menstabilkan gula darah dan mencegahnya melakukan fluktuasi yang berlebihan.

13. Meningkatkan daya ingat

Untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat, Anda perlu lebih banyak mengonsumsi sayuran seperti kangkung yang kaya vitamin dan mineral secara rutin.

14. Nutrisi tulang dan otot

Kalsium dan kalium yang tinggi dalam kangkung dapat memperkuat tulang dan otot di sepanjang tubuh Anda. Selain itu, juga meminimalkan risiko keropos tulang atau osteoporosis sedini mungkin.

15. Menyegarkan kulit

Salah satu manfaat terbaik sayur ini adalah menyegarkan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang dapat menjaga kelembapan kulit dan menutrisi sel-sel epidermis. Pada akhirnya, sel-sel tersebut dapat melawan jerawat, kerutan, dan masalah kulit lainnya. *

 

Silakan baca: Manfaat Luar Biasa Daun Mint bagi Kesehatan