Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Kampung Wisata Kreatif Cigadung
Rumah Batik Komar, salah satu destinasi di Kampung Wisata Kreatif Cigadung. (dok. Disbudpar Kota Bandung)

 

BandungKlik – Kampung Wisata Kreatif Cigadung menjadi destinasi wisata terlengkap untuk berlibur di Kota Bandung. Kawasan yang menyajikan kreativitas, kuliner, dan budaya ini, diresmikan pada November 2020. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Seperti dilansir laman disbudpar.bandung.go.id, Kampung Wisata Kreatif Cigadung mengusung konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism). Pendiriannya berawal dari Cigadung Creative Belt, Kelurahan Cigadung yang berkembang dan menggali potensi daerahnya secara mandiri.

Kini di kampung kreatif ini, ada sekitar 69 potensi wisata yang terdiri dari sektor fashion, kerajinan (kriya), kuliner, akomodasi penginapan, dan seni budaya. Di sektor kuliner, ada Baso Wale dan deretan kafe serta kedai kopi.

Di sektor budaya, ada Saung Cepot, Saung Kasep, dan Galeri Rosid. Kemudian sektor fesyen, hadir merek Minen Leather, C-59, Batik Komar, dan Batik Hasan. Bahkan berkembang hingga melahirkan Batik Cigadung dari ragam kearifan masyarakat setempat.

Di sana wisatawan juga bisa mengikuti workshop pembuatan batik, melihat pertunjukan wayang golek, serta kacapi suling. Sembari menikmati kopi dan kuliner khas Sunda dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut ragam destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kampung Wisata Kreatif Cigadung.

Saung Cepot Cigadung

Lokasinya di Jl.Omega No.11 Kompleks Unpad Cigadung II, Bandung.  Di sana disajikan kerajinan tangan bertemakan budaya Sunda hingga tempat berwisata kuliner. Kadang ditampilkan beragam pertunjukan tradisional, seperti Wayang Golek, Karinding, Jaipongan, Kecapi Suling, dan Pencak Silat.

Saung Kasep

Tempat pembuatan kerajinan seperti kalung, gelang, gantungan kunci, karinding, aksesoris, serta cenderamata kerajinan bertema khas Sunda. Alamatnya di Komp. Unpad, Jl. Gama No.83, Cigadung.

Batik Komar

Menyajikan proses pembuatan batik yang menarik. Pengunjung juga bisa mencoba membuat batik dari mendesain hingga mencanting. Hasil dari kreasinya bisa dijadikan oleh-oleh dari Rumah Batik Komar. Lokasinya di Jl. Cigadung Raya Timur.

Batik Hasan

Rumah batik yang didirikan Hasanudin (almarhum) pada 1975, kini dikelola kelima putra putrinya. Beralamat di Jalan Cigadung Raya Timur. Batik Hasan mengusung desain elegan bertemakan “Batik Bandung Kontemporer”. Juga memadukan motif batik tradisional dan modern dari segi pewarnaannya. Ciri khasnya bisa terlihat dari motif batik tambal, titik, dan garis.

Batik Cigadung

Batik hasil dari karya warga kampung Cigadung yang beralamat di Jalan Cigadung Raya Timur. Awalnya Batik Cigadung ini diinisiasi Batik Komar.

Rumah Budaya Rosyid

Terdapat ribuan koleksi benda tradisional masyarakat Sunda. Selain itu, para pengunjung pun akan diajak untuk memasuki Studio Rosid yang penuh dengan lukisan menawan. Serta bisa belajar melukis mulai dengan kreativitas masing-masing.

Silakan baca: Melepas Penat di Kawasan Konservasi Tahura Djuanda

Warung Lela

Warung Lela atau biasa disebut Wale, merupakan tempat makan yang sudah terkenal sejak lama. Wale menyajikan hidangan yamin dan mie ayam legedaris. Berada di Jalan Kupa No.6, Cigadung.

Minen Leather

Minen Leather, salah satu merek sepatu yang cukup unik. Dikenal sebagai produk sepatu ekslusif dengan bahan kulit berkualitas dan dibuat secara homemade. Keunikannya, model sepatunya terinspirasi dari Jepang. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan dan membeli sepatunya.

C59

C59 boleh dibilang pionir dalam industri clothing Indonesia. Digagas Marius Widyarto atau biasa disapa Pak Wiwied. Kiprahnya pun sudah dikenal hingga mancanegara. Merek C59 diambil dari nama Gang Caladi nomor 59 di Kota Bandung. Di sini, pengunjung akan diajak berkeliling pabrik dengan program Wisata Kreatif C59. Wisatawan dapat melihat secara menyeluruh, tahapan proses produksi T-Shirt, workshop, dan seminar sesuai paket yang dipilih.*