Kampung Kerapu Situbondo, Wisata dan Budi Daya Kerapu

Kampung Kerapu Situbondo
Suasana memesona Kampung Kerapu Situbondo, Jatim.

 

BandungKlik – Situbondo memiliki destinasi wisata menarik sekaligus tempat budi daya ikan kerapu. Dinamai dengan Kampung Kerapu, berlokasi di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Destinasi wisata ini berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Situbondo, serta 174 km dari Kota Surabaya. Letaknya di pinggir jalan pantura sehingga sangat mudah untuk diakses.

Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum berupa bus dari arah kota Situbondo maupun sebaliknya. Kemudian turun tepat di depan pintu masuk kampung wisata tersebut.

Sedari dulu, Desa Klatakan dijuluki sebagai kampung keramba. Pasalnya hampir semua warganya memiliki mata pencaharian sebagai pengusaha maupun pekerja budi daya ikan kerapu. Mereka menggunakan keramba jaring apung di tengah laut yang berjarak sekitar 500 meter dari bibir pantai.

Hingga akhirnya menjadi pusat pengembangbiakan ikan kerapu. Kabupaten Situbondo pun jadi tenar sebagai kota kerapu karena menjadi pemasok bibit kerapu nasional bahkan internasional.

Silakan baca: Menikmati Daya Tarik Wisata Kampung Blekok Situbondo

Baru pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Situbondo menjadikan kampung ini sebagai daya tarik wisata. Utamanya sebagai tujuan wisata keluarga yang mendidik dan dapat dinikmati semua kalangan umur.

Dermaga & Air Mancur

Ikon utamanya berupa dermaga dari kayu berbentuk melingkar yang menjorok ke tengah laut sepanjang 300 meter. Dermaga ini pun menjadi jalur wisatawan untuk berkeliling menikmati suasana sekaligus spot swafoto instagrammable.

Pada bagian ujung dermaga terdapat pelabuhan apung mini. Dari situ wisatawan dapat diantar dengan kapal nelayan setempat untuk melihat langsung lokasi budi daya ikan kerapu.

Kini,  ada penambahan spot air mancur menari yang bersumber dari air laut sehingga membuat suasana lebih menarik. Saat malam hari air mancur ini memberikan warna-warni yang indah dan memanjakan mata.

Lalu di sekitarnya dilengkapi pula dengan fasilitas jogging track mengelilingi air mancur. Sebagai sarana olahraga mandiri bagi masyarakat dan wisataan yang berkunjung.

Silakan baca: Kota Wisata Batu Cocok untuk Destinasi Bulan Madu

Tak sampai di situ saja, Kampung Kerapu Situbondo juga menyediakan sejumlah wahana bermain air. Seperti Banana Boat, Donat Boat, dan berbagai wahana permainan air yang sangat menarik untuk dicoba.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kabupaten Situbondo