Kampung Berwarna Cibunut, Wisata Artistik di Bandung

kampung cibunut
Warga berjalan di salah satu gang di Kampung Berwarna Cibunut yang bernuansa merah bertema permainan tradisional anak-anak. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Kampung Cibunut penuh warna dan artistik. Kampung ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata jalan kaki yang berbeda di Kota Bandung. Suasananya syarat unsur edukatif buah kreativitas warganya sendiri yang inovatif dan terkenal ramah.

Kampung Berwarna Cibunut yang diresmikan akhir tahun 2017 sebagai kampung kreatif ini berada di RW 7 Kelurahan Kebon Pisang Kecamatan Sumur Bandung.

Untuk tiba dengan mudah di sana, bisa melalui Jalan Sunda. Dari perpotongan Jalan Sunda dan Jalan Veteran Kota Bandung, gerbang masuk kampung ini berjarak beberapa meter saja.

Jalan utama masuk kampung memang relatif lebih lebar ketimbang di dalam permukiman. Hanya sepeda motor dan gerobak yang bisa masuk-keluar hingga pelosok gang. Itu pun tak bisa leluasa.  Tak heran, istilah gang senggol atau gang punten (permisi) populer untuk menyebut gang semacam ini.

Saking padatnya permukiman, sering kali orang luar “tersesat” di gang artistik tetapi sempit ini. Oleh karena itu, ada baiknya menyimak terlebih dahulu peta besar dan informasi tentang kampung yang dipampang di Seketariat RW di gang utama.

Satu RT satu warna

Luas wilayah kampung ini mencapai 31.478 meter persegi dan terdiri dari 9 Rukun Tetangga. Uniknya, dinding rumah di setiap RT dicat warna sama. Kecuali, fasilitas umum seperti masjid dan sekolah.

Dengan demikian, ada sembilan warna dominan yang menghiasi permukiman ini yaitu hijau, biru, merah muda, kuning, merah, hijau muda, biru muda, ungu dan  jingga. Salah satu maksudnya untuk memudahkan siapa saja yang hendak mencari alamat.

kampung cibunut
Ruas gang sempit tetapi artistik dan tematik. *

Bukan hanya itu, dinding rumah juga digambar sesuai tema. Misalnya, RT 5 berwarna merah dengan tema lingkungan dan permainan anak. Ada gambar permainan tradisional seperti egrang, congklak, sondah, gasing hingga layang-layang.

Pojok ini menjadi pusat informasi lingkungan Kampung Berwarna Cibunut. Di sana terdapat tempat proses pemilahan sampah di bank sampah, biodigester, komposter dan urban farming. Bank Sampah ini dikelola secara swadaya melalui KSM Oh Darling yaitu Kelompok Swadaya Masyarakat “Orang Hebat Sadar Lingkungan”.

Seperti labirin, jalan-jalan di Kampung Berwarna Cibunut seakan menyusuri lorong tiada ujung. The Power of Collaboration yang menjadi spirit warga membangun daerahnya telah membuat kampung ini lain dari yang lain. *

Silakan baca:

Wisata Edukasi di Teras Cikapundung Bandung

Jangan Terlewat, Ini Top 10 Event Kota Bandung 2021