Kampanye Kembali ke Bioskop, Bangkitkan Industri Film

kembali ke bioskop
Menparekraf Sandiaga Uno Kampanye #KembaliKeBioskop di Jakarta, Senin (12/4/2021). (dok. kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Kampanye kembali ke bioskop, #KembaliKeBioskop, digulirkan Kemenparekraf sebagai upaya membangkitkan industri dan roda perekonomian perfilman nasional.

#KembaliKeBioskop ditandai dengan diadakannya acara nonton bareng film Kartini: Princess of Java di Metropole XXI Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Seluruh rangkaian acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Yaitu mencakup Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

“Hari ini adalah perwujudan dari semangat kita untuk memulai kembali kegiatan mononton di bioskop,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, dikutip dari siaran pers kemenparekraf.go.id.

Pada kesempatan itu, Sandiaga menyampaikan untuk memulai gerakan #KembaliKeBioskop dan memastikan bioskop aman dan nyaman dengan protokol kesehatan CHSE.

Dikatakannya, industri dan perekonomian perfilman Indonesia antiklikmaks pada tahun lalu. Mewabahnya Covid-19 memaksa seluruh bioskop di tanah air harus tutup sejak Maret 2020.

Akan tetapi, setelah dibukanya kembali bioskop pada Februari 2021, film Indonesia berhasil mendatangkan 390.409 penonton ke bioskop. Menparekraf optimistis jumlah tersebut akan meningkat dan lebih baik lagi.

“Kita harus menggeliatkan kembali industri perfilman Indonesia. Karena film ini merupakan salah satu identitas bangsa. Masyarakat juga sudah sangat merindukan untuk bisa kembali ke bioskop. Mudah-mudahan industri perfilman Indonesia bangkit lagi,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, industri perfilman tahun 2019 sempat naik dengan menghadirkan 52 juta penonton bioskop. Namun, langsung terjun bebas di tahun 2020 akibat wabah.

Dalam upaya membangkitkan industri film dan gerakan #KembaliKeBioskop, standar protokol kesehatan akan diterapkan di seluruh bioskop. Mulai dari pintu masuk, proses antre tiket hingga pembayaran makanan dan minuman secara nontunai. *

Silakan baca: 10 Film Indonesia Terlaris dengan Penonton Terbanyak

Silakan baca: Film Rusia Turut Promosikan Pariwisata Indonesia