Kain Khas Bali yang Cocok untuk Cendera Mata

Kain Khas Bali

 

BandungKlik – Berwisata ke Bali memang tak pernah membosankan. Selain alamnya yang memesona dan seni budaya yang unik. Tak ketinggalan pula cendera matanya yang khas cocok dibawa pulang, salah satunya kain-kain khas Bali.

Berikut ini ada rekomendasi empat kain khas Bali yang cocok sebagai cendera mata. Serta bisa menjadi kenang-kenangan usai berlibur ke Pulau Dewata.

Batik Bali

Hingga kini, kain batik masih menjadi favorit wisatawan sebagai cendera mata. Selain unik dan khas, kain batik sudah pasti bermanfaat, seperti dipakai saat acara formal.

Jadi tak salah jika berwisata ke Bali, membeli kain batik khas sana. Pulau Dewata ini memiliki batik yang motifnya berbeda dengan batik di Jawa. Salah satu pembedanya yaitu aksen yang diberikan pada motif batik khas Bali tidak sama besar satu sama lain.

Di samping memadukan motif tradisional dan modern, batik Bali juga memadukan budaya asli Bali dengan budaya luar Pulau Bali. Umumnya, kain batik ini dibanderol dengan harga cukup bervariasi, antara Rp300.000 hingga Rp7.000.000.

Kebaya Bali

Kain Kebaya Bali

Kebaya sudah tak asing lagi di mata wisatawan karena mayoritas wanita Bali sering mengenakan pakaian adat ini. Sepintas mirip dengan kebaya Jawa, namun kebaya Bali memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya dari segi warna.

Silakan baca: Mengenal Keunikan 5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali

Warna-warna tersebut, masing-masing mempunyai waktu khusus dalam penggunaannya. Seperti kebaya putih digunakan untuk sembahyang atau upacara keagamaan di pura. Sedangkan untuk upacara adat seperti menghadiri pernikahan, biasanya menggunakan kebaya berwarna seperti hijau, kuning, merah, ungu, biru, dan sebagainya.

Selain menjadi pakaian adat, kebaya Bali juga  cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Terutama para anak-anak yang akan terlihat cantik bergaya ala wanita Bali. Untuk harganya berkisar dari Rp50.000,00 hingga Rp1.000.000,00.

Kain pantai

Kain Pantai Bali

Bagi wisatawan yang hobi ke pantai saat berlibur ke Bali, kain yang satu ini cocok dijadikan sebagai cendera mata. Kain pantai Bali terkenal dengan warna mencolok dan motif bunga yang bervariasi.

Tak hanya untuk pergi ke pantai, kain ini juga cocok digunakan sehari-hari sebagai selimut karena bahannya yang dingin dan nyaman. Kain pantai mudah ditemukan, tersedia di setiap toko oleh-oleh. Harganya relatif terjangkau, mulai dari Rp44.000,00 sampai Rp100.000,00.

Udeng

Udeng khas Bali

Udeng bisa menjadi salah satu pilihan cendera mata yang cocok bagi kaum lelaki. Kain yang dibuat berukuran panjang 50 cm tersebut, menjadi ciri khas para pria Bali.

Setiap warna pada udeng memiliki makna tersendiri. Parisadha Hindu Darma Indonesia (PHDI) Bali telah menetapkan udeng untuk ke pura haruslah berwarna putih sebagai makna kembali kepada fitrah, kejernihan, kedamaian pikiran, serta kemurnian diri.

Silakan baca: Ragam Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia

Sementara saat momen berkabung, udeng yang dikenakan harus berwarna hitam. Dan untuk kegiatan sosial lainnya bisa berwarna batik atau selain hitam dan putih. Umumnya, udeng dijual dengan harga antara Rp50.000,00 hingga Rp80.000,00.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel