KAI Tambah 6 Stasiun Layani Tes GeNose C19

stasiun tes genose c19
Calon penumpang kereta api melakukan pemeriksaan pendeteksian Covid-19 melalui GeNose C19 di stasiun kereta api. (kai.id).*

 

BandungKlik – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah enam stasiun yang menyediakan layanan tes GeNose C19 mulai Senin, 15 Februari 2021. Dengan tambahan ini, maka total stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan untuk mendeteksi Covid-19 menjadi delapan stasiun.

Ke-6 stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Bandung, Solo Balapan, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi. Sebelumnya fasilitas ini sudah tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan. Dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Sabtu (13/2/2021).

Dikutip dari laman kai.id, kata Joni, layanan tersebut merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo serta UGM.

Genose C19 merupakan akronim dari Gajah Mada Electric Nose Covid-19. Ini adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada. Alat buatan anak bangsa tersebut sudah beroleh izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kata Joni, jumlah stasiun yang menyediakan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 bakal terus ditambah secara bertahap. Pemeriksaan ini sebagai syarat naik kereta api jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

“Sejak dibuka pada 3 Februari 2021 s.d. 12 Februari 2021 KAI telah melayani 21.530 peserta GeNose C19 di stasiun,” kata Joni.

Pengambilan sampel dari GeNose C19 berupa embusan napas. Langkah-langkahnya sederhana dan hasil tesnya dapat langsung diketahui hanya dalam waktu tiga menit dengan akurasi di atas 90 persen. Biaya pemeriksaan GeNose C19 di stasiun sebesar Rp 20 ribu untuk sekali tes.

Adapun syarat melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19 adalah calon penumpang harus dalam kondisi sehat dan telah memiliki tiket. Selain itu, calon penumpang tidak diperbolehkan makan, minum, dan merokok kecuali minum air putih 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas. *

Silakan baca:

Bangunan Stasiun Bandung, Kembarannya Ada di Belanda