KAI Tambah 2 Stasiun Lagi Layani Tes GeNose C19

genose c19 stasiun
Petugas sedang melayani tes GeNose C19 di stasiun. (dok. kai.id).*

 

BandungKlik – PT Kereta Api Indonesia (KAI/ Persero) menambah dua stasiun yang melayani tes GeNose C19 mulai 10 Maret 2021. Kedua stasiun tersebut adalah Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.

Dengan tambahan tersebut, saat ini jumlah stasiun yang melayani tes GeNose C19 menjadi 14 stasiun. Sebelumnya layanan tes untuk mendeteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu sudah beroperasional di 12 stasiun. Yaitu Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pelanggan di masa pandemi Covid-19,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman kai.id, Kamis (11/3/2021).

Tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun saat ini adalah Rp 20 ribu untuk sekali tes. Salah satu syaratnya, calon penumpang harus sudah memiliki tiket jarak jauh atau kode pemesanan lunas. Hasil dari tes ini akan digunakan sebagai syarat naik kereta api jarak jauh.

Silakan baca:

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

Khusus untuk libur keagamaan Isra Miraj (11/3/2021) dan Hari Raya Nyepi (14/3/2021), penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau tes cepat antigen atau RT-PCR. Adapun sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Pada akhir pekan ini, dikatakan Joni, periode 10 – 14 Maret 2021, KAI mengoperasikan 460 KA jarak jauh. Hal ini meningkat 9 persen ketimbang pekan sebelumnya yakni mengoperasikan 421 KA jarak jauh. Peningkatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi naiknya permintaan masyarakat yang hendak menggunakan kereta api.

Meski begitu, KAI hanya menjual 70 persen kursi dari kapasitas maksimal. Kebijakan ini untuk menciptakan jaga jarak antarpenumpang. Pada periode tersebut, jumlah kursi KA jarak jauh yang disediakan sebanyak 192 ribu. *