KAI Resmi Luncurkan Kereta Api Airlangga

kereta api airlangga
Pramugari melayani penumpang Kereta Api Airlangga. (dok. kai.id).*

 

BandungKlik – PT KAI resmi meluncurkan kereta baru yakni Kereta Api Airlangga relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi PP. Peluncuran kereta jarak jauh ini dilakukan pada Jumat, 1 Oktober 2021 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto yang meresmikan operasional kereta tersebut mengatakan, peluncuran kereta baru dalam rangka meningkatkan animo masyarakat.

“KAI Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi kereta api sehingga dapat memulihkan roda perekonomian masyarakat,” katanya.

Dikutip dari laman kai.id, pengoperasian perdana Kereta Api Airlangga masih dalam suasana HUT ke-76 KAI yang jatuh pada 28 September 2021. Disampaikan pula bahwa kehadiran kereta baru ini merupakan salah satu komitmen KAI untuk melayani lebih cepat dan lebih baik kepada pelanggan.

Kereta ini hadir untuk menjadi opsi bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya.

Nama kereta terinspirasi dari nama raja pendiri Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur yang memerintah pada abad ke-11. Pada akhir masa pemerintahannya, kerajaan yang didirikannya dibagi dua menjadi Kerajaan Kediri dan Kerajaan Janggala bagi kedua putranya.

Silakan baca: Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

Tarif perjalanan

Lantas, berapa tarif perjalanan kereta ini?

Masyarakat yang menumpang Kereta Api Airlangga untuk jarak tempuh 0 s.d. 290 kilometer dikenakan tarif Rp49.000. Sementara, untuk jarak lebih dari 290 kilometer tarifnya Rp104.000.

Rangkaian kereta baru ini terdiri dari 8 kereta ekonomi dengan total 848 tempat duduk. Akan tetapi, selama pandemi Covid-19 kereta ini memaksimalkan 70% tempat duduk dari yang tersedia. Karena termasuk kereta jarak jauh, maka masyarakat yang hendak menumpang Kereta Api Airlangga harus sudah divaksin minimal dosis pertama. Pelanggan harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Adapun jadwal keberangkatan kereta ini pukul 11.30 dari Stasiun Pasar Senen dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 23.00. Sebaliknya, dari Stasiun Pasar Turi berangkat pukul 12.25 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 00.10. *

Silakan baca: KAI Luncurkan Inovasi Percepatan Waktu Perjalanan