KAI Luncurkan Inovasi Percepatan Waktu Perjalanan

inovasi kereta api
Peluncuran inovasi KAI oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Kota Bandung, Jumat, 24 September 2021. (Dok. KAI).*

 

BandungKlik – PT KAI meluncurkan sekaligus meresmikan berbagai inovasi baru secara simbolis. Inovasi tersebut berupa percepatan waktu perjalanan dengan percepatan beragam antara 19 – 70 menit dari waktu perjalanan sebelumnya.

Peluncuran inovasi tersebut digelar di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasar Turi.

KAI juga meluncurkan inovasi penyediaan layanan wifi gratis, penyediaan layanan live cooking di atas kereta api, dan layanan first mile, last mile & first mile-last mile KAI Access. Peresmian inovasi tersebut dilakukan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Kota Bandung, Jumat, 24 September 2021.

“KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan,” ujar Didiek.

Silakan baca: Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

Saat ini, layanan percepatan waktu tempuh diterapkan pada perjalanan Kereta Api Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasar Turi PP). Kereta lainnya, Argo Wilis (Bandung – Surabaya Gubeng PP), Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan PP), Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan PP), dan Taksaka (Gambir – Yogyakarta PP).

Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan perjalanan lebih cepat. Misalnya Argo Wilis, sebelum 24 September 2021 waktu perjalanan 10 jam 43 menit. Mulai 24 September 2021 menjadi 9 jam 55 menit atau lebih cepat 48 menit dari sebelumnya.

Kereta-kereta tersebut juga sudah menyediakan layanan live cooking. Sementara untuk layanan penyediaan wifi gratis, selain lima kereta di atas juga tersedia di Argo Parahyangan (Gambir – Bandung).

Inovasi layanan lainnya yang diluncurkan berupa kemudahan bagi penumpang agar dapat leluasa mengatur pilihan sarana transportasi lanjutan dalam satu aplikasi. Layanan antar jemput ini terdiri dari layanan first mile, last mile & first mile-last mile.

Layanan tersebut memberi kemudahan bagi pelanggan, baik sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan dengan menumpang kereta untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. *