KAI Buka Layanan Tes GeNose C19 di Pasar Senen dan Jogja

pemeriksaan genose c19
Petugas sedang melakukan pemeriksaan pendeteksian Covid-19 melalui GeNose C19 di stasiun kereta api. (Dok. bkip kemenhub).*

 

BandungKlik – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka layanan tes atau pemeriksaan GeNose C19 di dua stasiun. Untuk sementara layanan ini hanya tersedia di Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Tugu Yogyakarta mulai 6 Februari 2021.

“Layanan di Stasiun Gambir dan Solo Balapan pada dasarnya masih dalam tahap uji coba. Untuk memfokuskan layanan, pelayanannya akan kami konsentrasikan di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Jumat (5/2/2021), dikutip dari laman kai.id.

Dalam pelaksanaannya, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun diupayakan berjalan tertib. Selain itu, diupayakan tidak terjadi antrean yang panjang sehingga setiap peserta tetap dalam kondisi menjaga jarak.

Dikatakannya, apabila terjadi lonjakan peserta GeNose C19 di stasiun, maka KAI akan secara taktis melakukan buka tutup antrean. Tujuannya agar tidak terjadi antrean panjang dan kerumunan. Dengan demikian, protokol kesehatan tetap dapat diterapkan dengan baik dan optimal.

Secara bertahap, KAI akan menambah layanan pemeriksaaan GeNose C19 di stasiun-stasiun besar lainnya. Pemeriksaan ini sebagai syarat naik kereta api jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Genose C19 merupakan akronim dari Gajah Mada Electric Nose Covid-19. Ini adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada. Alat buatan anak bangsa tersebut sudah beroleh izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pengambilan sampel dari GeNose C19 berupa embusan napas. Langkah-langkahnya sederhana dan hasil tesnya dapat langsung diketahui hanya dalam waktu tiga menit dengan akurasi di atas 90 persen. Biaya pemeriksaan GeNose C19 di stasiun ini sebesar Rp 20 ribu untuk sekali tes.

Adapun syarat melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19 bagi calon penumpang sebagai berikut:

  • Harus dalam kondisi sehat.
  • Calon penumpang telah memiliki tiket.
  • 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas, calon penumpang tidak diperbolehkan makan, minum, dan merokok kecuali minum air putih. *

Silakan baca:

Gapeka 2021 Berlaku, Jadwal Perjalanan Kereta Berubah