BandungKlik – Jalur keluar tol (interchange) kilometer 149  atau Gerbang Tol Gedebage, Bandung siap diuji coba mulai hari ketujuh sebelum dan sesudah Idulfitri 1443 H. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Gerbang Tol Gedebage ini diharapkan dapat mengurai kepadatan kendaraan di beberapa pintu tol keluar yang menjadi akses masuk ke Kota Bandung. Beberapa jalur keluar tol yang banyak digunakan pemudik yang datang ke Kota Bandung, antara lain Gerbang Tol Pasteur, Pasir Koja, Moh. Toha, Buahbatu, dan Cileunyi.

“Insyaallah ini di-trial dulu. Diuji coba, H-7 sampai H+7 (Idulfitri) sudah bisa difungsikan,” tutur Yana usai meninjau intechange kilometer 149, Kamis 21 April 2022, dalam siaran pers Pemkot Bandung.

Yana juga mengatakan, terkait sarana penunjang jalan sudah disiapkan oleh Jasa Marga.

Silakan baca: Jalan Tol Getaci, Terpanjang di Indonesia Dibangun Akhir 2022

“Jasa Marga sudah meyakinkan interchange kilometer 149 sudah bisa dioperasikan. Gerbang tol dan rambu lalu lintasnya, sudah bisa dioperasikan,” ujarnya.

Nantinya, pengendara yang keluar dari Gerbang Tol Gedebage bisa masuk ke Summarecon Bandung. Kemudian mengakses jalur Gedebage Selatan untuk masuk ke Kota Bandung.

Meski demikian, Yana mengakui, masih perlu ada beberapa perbaikan sebelum jalur ini dipermanenkan. Beberapa perbaikan ini terkait analisa dampak lalu lintas yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan lajur (bottle neck).

Selain itu juga perlu perbaikan pada struktur jalan. Namun Yana meyakini hal ini bisa dirampungkan dalam waktu yang singkat.

Silakan baca: Tugu Perjuangan Bandung Timur, Pengingat Peristiwa Sejarah

“Ada beberapa struktur jalan yang perlu diperbaiki, tetapi itu hanya memerlukan waktu hitungan minggu,” ucap Yana.*