BandungKlik – Buat kalian yang suka menjelajahi keindahan alam yang tak biasa, bisa coba kunjungi Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar). Salah satu yang menarik yaitu Air Terjun Riam Dait.

Objek wisata tersebut menjadi salah satu lokasi favorit para pecinta wisata alam. Keindahannya terletak pada jumlah air terjun yang terdiri dari rangkaian air terjun 7 tingkat. Suasana kawasan yang terletak 200 mdpl ini pun sangat sejuk dengan hutan yang masih terjaga. Bakal membuat wisatawan nyaman dan betah berlama-lama.

Air Terjun Riam Dait dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Rombo Dait Tujuh Tingkat atau Air Terjun Remabo. Termasuk air terjun tipe multi-step karena memiliki beberapa undakan di sepanjang punggungan bukit, meski terpaut cukup jauh jaraknya.

Tinggi air terjun pada tingkat pertama mencapai sekitar 60 meter. Kemudian tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar 20-30 meter. Di setiap tingkatan, air terjunnya ada yang berbentuk melebar dan juga berbentuk berundak-undak kecil. Air terjun ini berada di aliran Sungai Dait sebelum terjun ke dataran rendah Patahan Dait.

Selain itu, pesona Air Terjun Riam Dait tampak pada besaran debit airnya. Di sekitarnya atau di setiap kolam di bawah jatuhan air terjun terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu wisatawan temukan di air terjun lainnya.

Silakan baca: Enam Desa Wisata di Kalimantan dengan Pesona Khas

Kalau ingin merasakan sensasi yang lebih seru, kalian bisa berkemah di kawasan tersebut. Sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena adanya pasir putih.

Camping di destinasi wisata alam ini sangat tepat, karena dengan itu wisatawan bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel. Bukan hanya itu, lokasinya yang terletak di tengah hutan hujan Kalimantan, membuat pemandangan sekitarnya masih sangat alami.

Lokasi Wisata Air Terjun Riam Dait

Tempat wisata air terjun tersebut terletak di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia. Berjarak lebih dari 54 km dari Kota Ngabang dan dapat ditempuh mamakai kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Perjalanan menuju Air Terjun Riam Dait dari Kota Ngabang tersebut, waktu tempuhnya kurang lebih 3 jam ke arah Serimbu. Tiba di pertigaan perbatasan Semuntik-Sekendal, kalian tinggal belok kanan menuju arah Sanggau.

Setelah menempuh jarak sekitar 5 km berkendara akan menemui petunjuk arah di kiri jalan menuju air terjun tersebut. Kondisi jalannya masih tanah sehingga sangat riskan dan sulit kalian jangkau jika cuaca hujan atau selepas hujan karena berberapa jalan akan berlumpur.

Silakan baca: Apam Barabai, Camilan Khas Kalimantan Selatan

Wisatawan akan sampai di tempat pemberhentian kendaraan setelah menempuh perjalanan di jalan tanah tersebut sekira 30 menit. Dari situ teruskan dengan berjalan kaki selama lebih kurang 30 menit menuju apot Air Terjun Riam Dait.*