BandungKlik – Natuna dianugerahi dengan wisata alam yang luar biasa, salah satunya ekowisata mangrove. Seperti wisata mangrove di muara Sungai Semitan, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kep. Riau.

Destinasi wisata mangrove tersebut, dibangun atas swadaya masyarakat Desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut, bersama pihak pemerintah desa.

Kehadiran wisata mangrove Semitan menjadi bukti bahwa masyarakat sangat peduli akan pelestarian dan menjaga kawasan lindung dari tindakan-tindakan yang merusak alam. Serta membuka kesempatan kerja dan menambah pendapatan bagi masyarakat desa.

Ikon yang menjadi daya tarik utama destinasi wisata mangrove ini, yakni berupa boardwalk yang terbuat dari kayu. Berfungsi untuk jalur perjalanan menyusuri pesona hutan bakau, sekaligus sebagai spot foto yang ciamik.

Di destinasi wisata Mangrove Semitan, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas wisata, seperti menyaksikan keragaman fauna di sepanjang perjalanan, memancing, dan menjala ikan di muara Sungai Semitan.

Satu hal yang penting, kawasan wisata mangrove tersebut menjadi tempat edukasi lingkungan bagi wisatawan yang datang. Ke depannya juga, di tempat itu akan dibangun kawasan khusus edukasi dan pelestarian bakau.

Silakan baca: Inilah 5 Pantai Indah Memesona di Natuna

Selain itu, para pengunjung dapat berlibur menikmati sensasi hutan bakau sambil terjun langsung menanam dan belajar tentang bakau. Sehingga wisatawan saat pulang akan membawa oleh-oleh berupa pengetahuan tentang lingkungan, khususnya berkenaan dengan mangrove.

Setelah puas berkeliling hutan bakau, wisatawan dapat berintraksi langsung dengan masyarakat setempat dengan mengunjungi Kampong Lama Semitan. Warga kampung tersebut pun telah siap menyambut dengan memperkenalkan kuliner tradisional dan membuka rumah-rumah sebagai Homestay.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Natuna