BandungKlik – Ketika liburan di Kota Makassar, kalian jangan hanya mengunjungi Pantai Losari. Tapi sempatkan pula menjelajahi kawasan ekowisata Hutan Mangrove Lantebung. Sebuah objek wisata alam yang indah dan penuh warna.

Selain panorama alamnya yang indah dan suasananya menarik, area hutan mangrove ini pun memiliki sejumlah spot foto yang instagrammable. Salah satu jagoannya, spot jembatan warna-warni yang sangat cantik.

Hutan Mangrove Lantebung memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pohon bakaunya tidak begitu tinggi dan menjulang seperti pohon-pohon yang ada di hutan lain. Meski berukuran sedang, namun pohon ini memiliki akar yang kuat untuk menahan pasir pantai. Pohon bakau juga memiliki perbedaan pada daunnya yang berwarna kuning kehijauan.

Saat kalian memasuki destinasi wisata mangrove tersebut, bakal langsung merasakan kesejukan dari suasana sekitar yang masih sangat terawat. Ditambah aroma lautan yang sangat segar dan menenangkan pikiran.

Kawasan Hutan Mangrove Lantebung membentang sepanjang dua kilometer dan langsung menghadap ke arah selatan Selat Makassar. Sehingga ketika memandang pemandangan sekitar hanya akan tampak hijaunya pepohonan bakau.

Terlihat pula hamparan lautan dan sesekali tampak perahu nelayan yang berlayar melintas. Tak heran jika hutan bakau ini terus mengundang banyak wisatawan yang ingin berlibur dan bersantai. Karena tempatnya memang begitu menyejukkan dan memesona.

Kenyamanan pun bertambah dengan iringan suara deburan ombak dan suara burung yang sangat menenangkan. Menjadikan tempat ini sangat cocok untuk tempat healing atau refreshing bersama keluarga atau teman-teman.

Silakan baca: 5 Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Makassar

Objek wisata Hutan Mangrove Lantebung Makassar ini tidak hanya menjadi wisata unggulan biasa. Namun juga memiliki beragam manfaat. Fungsi utamanya, hutan bakau dapat mencegah ombak pasang yang tinggi. Sehingga perkampungan di sekitarnya aman dari ancaman abrasi dan banjir.

Kerimbunan tanaman bakau di sini pun dapat meredakan hembusan angin barat yang kerap menimbulkan ombak pasang. Hingga tak langsung menerpa pemukiman masyarakat sekitar.

Beragam Spot Foto 

Tempat wisata alam Makassar yang satu ini sangat menarik untuk kalian kunjungi, terutama yang hobi aktivitas swafoto ataupun fotografi. Pasalnya, selain alam yang indah juga tersedia banyak sekali spot foto cantik. Dijamin hasil fotonya akan memuaskan kalian.

Jembatan warna-warni yang menjadi ikon dan spot foto favorit taman mangrove ini, menjadi titik wajib kalian berfoto. Letaknya melintang di tengah rerimbunan pohon mangrove yang hijau, jadi terlihat sangat kontras dan elok.

Material jembatan tersebut dibuat dari kayu dengan cat warna-warni pelangi. Keberadaannya, menghubungkan pintu masuk di ujung hutan dengan dermaga di depan laut. Panjangnya mencapai 270 meter dan dilengkapi dengan dua pondok kecil di tengahnya. Sebagai tempat untuk beristirahat sambil menikmati panorama Hutan Mangrove Lantebung.

Di pondok itu, kalian bisa duduk-duduk santai dan menikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk. Sembari istirahat, bisa juga merendamkan kaki ke dalam air laut yang segar. Kemudian di bagian ujung jembatan, terdapat pusat informasi kawasan.

Masih di bagian ujung jembatan, tersedia pula anjungan setinggi 5 meter untuk melihat pemandangan lebih jelas lagi. Anjungan ini juga menjadi tempat favorit pengunjung yang ingin melihat indahnya sunset di atas laut. Jika mengambil foto dari atas, jembatan ini akan menyerupai bentuk kepiting yang melambangkan biota yang sering hidup di antara akar-akar tanaman bakau.

Silakan baca: Wisata ke Pulau Samalona Makassar yang Eksotis

Lokasi Hutan Mangrove Lantebung

Ekowisata mangrove tersebut berlokasi di Jalan Lantebung, Desa Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata yang satu ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WITA hingga 18.00 WITA. Untuk tiket masuknya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp5.000 per orang.*