Jawa Timur Siap Bidik Berkah Wisata Halal Dunia 2030

wisata halal
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (jatimprov.go.id). *

 

BandungKlik – Provinsi Jawa Timur siap membidik berkah wisata halal dunia tahun 2030. Berbagai unsur didorong untuk menyiapkan beragam produk halal termasuk di dalamnya wisata halal.

“Ini yang mungkin bagi pelaku UKM/ IKM. Saya mohon dikomunikasikan, para rektor perguruan tinggi dan stake holder supaya semangat bisa menyiapkan produk halal. Termasuk di dalamnya wisata halal menjadi pendorong semangat kekuatan kita bersama,” tutur Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dikutip dari laman jatimprov.go.id, Sabtu (28/5/2021).

Dikatakannya, Indonesia saat ini masuk dalam kekuatan ekonomi Islam nomor 4 dunia setelah Malaysia, Uni Emirat Arab dan Turki. Posisi ini menempatkan peluang Indonesia untuk mengembangkan destinasi wisata. Sebab, negara lain yang penduduknya bukan mayoritas Muslim pun telah menyediakan destinasi wisata halal.

Apalagi jaminan halal sudah diakui World Trade Organization (WTO) dan menjadi kebutuhan bagi wisatawan dunia.

Khofifah menjelaskan, pada 2030 populasi umat Muslim dunia bakal mencapai 26 persen dari polulasi dunia. Dengan demikian, hal ini bakal menjadi kekuatan ekonomi. Diperkirakan wisata halal dunia pada 2026 omzetnya mencapai 300 miliar dolar Amerika Serikat.

Ia berharap, dari perkiraan omzet wisata halal dunia itu bisa masuk Indonesia paling tidak 10 persen atau 30 miliar dolar Amerika Serikat.

“Maka Jawa Timur harus bisa mengambil porsi destinasi wisata halal ini dengan menyiapkan kawasan Halal Industrial Park di Sidoarjo,” ujar Khofifah.

Lebih lanjut ia mencontohkan Korea Selatan. Negeri Ginseng itu sudah menempatkan industri dan wisata halal menjadi visi besar untuk meraup dolar dari wisata halal yang dikembangkannya. Begitu pun dengan negara lain terus berlomba untuk menarik wisatawan Muslim mengunjungi negaranya menikmati surga wisata halal.

“Halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat global. Maka, masing-masing negara mendorong tumbuhnya ekonomi syariah. Saat ini kita bisa melihat Islamic Finance Tower adanya di London,” ujar Khofifah. *

Silakan baca: Banten Targetkan Peringkat 10 Besar Destinasi Wisata Halal

Silakan baca: Ini 5 Destinasi Moslem Friendly Tourism di Indonesia