Jawa Barat Targetkan 100 Desa Wisata Ikut ADWI 2021

desa wisata
Atraksi domba garut salah satu daya tarik wisata di Desa Wisata Saung Ciburial Kabupaten Garut. (saungciburial).*

 

BandungKlik – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 100 desa wisata ikut dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Jadi, arahan Pak Menteri dalam Anugerah Desa Wisata 2021, kami targetkan ada 100 desa yang bisa berpartisipasi,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik di Bandung, beberapa hari lalu.

Menurutnya, keikutsertaan pada ADWI 2021 menjadi salah satu opsi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempromosikan desa wisata yang sudah berjalan. Saat ini, kata dia, di Jawa Barat ada sekitar 5.312 desa. Pihaknya akan mengusulkan dari embrio, berkembang dan desa wiata yang sudah maju.

Selanjutnya, ia mengatakan, rencana keikutsertaan tersebut tidak lepas dari arahan Menparekraf Sandiaga Uno. Akhir bulan lalu dirinya mendampingi kunjungan Sandiaga ke Desa Cibuntu dan Desa Cipasung di Kabupaten Kuningan.

Silakan baca: Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Cibuntu Kuningan

Dedi mengatakan juga bahwa ADWI 2021 yang digelar Kemenparekraf sejalan dengan visi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tentu saja, hal ini diwujudkan melalui berbagai program yang bisa menjadikan desa sebagai opsi kebangkitan perekonomian. Ada pun tagline yang diusung adalah “Tinggal di Desa, Rejeki Kota, Bisnis Mendunia.”

Oleh karena itu, pihaknya kini fokus memilih desa yang dapat memenuhi kriteria menang pada sejumlah kategori.

Kriteria desa yang dipilih akan menyesuaikan dengan kategori yang diusung antara lain CHSE  (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability). Lalu desa digital, dan suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya). Selanjutnya daya tarik wisata (berbasis alam, budaya atau buatan), konten kreatif, penginapan dan kamar kecil.

Dedi menyebut desa-desa wisata di Jawa Barat punya keunikan. Oleh karena itu, pihaknya optimistis dan akan menyiapkannya dengan baik.

“Kami akan menyiapkan secara maksimal. Kami harus optimistis karena desa di Jawa Barat punya keunikan, seperti Desa Cibuntu, Desa Cipasung, Ciptagelar, dan banyak lagi. Ini kami sedang pilih,” tutur Dedi. *

 

Silakan baca: Kasepuhan Cipta Mulya, Tetap Menjaga Tradisi Leluhur