BandungKlik – Masyarakat di wilayah Bandung Raya kini bisa bepergian dengan angkutan umum dengan mudah dengan aplikasi Jaramba. Peresmian platform digital ini dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Jumat (7/1/22).

Jaramba merupakan aplikasi berbasis website yang mengintegrasikan konektivitas antarmoda, menunjukkan informasi real-time, dan pembayaran secara cashless. Saat ini, moda transportasi umum yang mendukung aplikasi ini, yaitu angkutan kota (angkot) dan bus Damri di Bandung Raya.

“Dengan adanya aplikasi Jaramba, warga bisa mengetahui sebelum pergi mau rute ke mana. Naik satu jenis angkot saja atau harus berganti angkot, itu diketahui sebelum pergi,” ujar Ridwan Kamil, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Jika menggunakan Jaramba, masyarakat banyak mendapatkan kemudahan. Mulai dari informasi posisi terkini moda transportasi terdekat. Lalu memberikan beberapa pilihan moda transportasi yang tersedia. Hingga menyediakan informasi rute perjalanan, jarak, dan waktu tempuh.

Silakan baca: Mengenal Sigaya Pinter, Aplikasi Cagar Budaya Kota Bandung

“Pada saat menunggu, aplikasi ini akan menginformasikan yang ditunggu sudah sampai mana. Tidak seperti cara manual bisa menunggu lama,” tambahnya.

Secara bertahap ke depannya, aplikasi tersebut tidak hanya menampilkan rute dalam kota. Namun diharapkan juga bisa melayani rute antarkota dan provinsi. Ridwan Kamil pun meminta digitalisasi transportasi umum meluas ke seluruh wilayah Jabar.

“Mau antarkota, antarprovinsi itu hanya masalah waktu. Bahwa semua urusan dalam berkendara akan full digital dimulai dari level kota,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, era digitalisasi saat ini memaksa masyarakat untuk mengubah kebiasaan lama yang konvensional. Tak hanya dalam jual-beli, layanan transportasi umum pun sudah harus menggunakan sistem online.

Silakan baca: Teman Bus Trans Metro Pasundan Resmi Beroperasi 

“Sudah saatnya hijrah ke digital. Tak hanya jual-beli, bertransportasi pun harus sudah online,” ungkapnya.*