Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Sudah Siap Dioperasikan

Jalur kereta Cibatu Garut
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melakukan inspeksi terakhir jalur, Kamis (6/1/2022). (dok. Pemprov Jabar)

 

BandungKlik – Jalur kereta api Cibatu-Garut sudah siap dioperasikan. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat melakukan inspeksi terakhir jalur tersebut sebelum resmi dioperasikan dalam waktu dekat.

Pengecekan kesiapan teknis dimulai dari Stasiun Bandung, Cibatu, Pasir Jengkol, Wanaraja, sampai Stasiun Garut Kota, menggunakan kereta inspeksi 4. Ridwan Kamil pun memastikan persiapan reaktivasi jalur kereta api sepanjang 19,5 kilometer itu sudah 100 persen dan siap digunakan.

“Saya klaim persiapannya sudah 100 persen,” ucap Kang Emil –sapaan akrabnya, di Stasiun Garut Kota, Kamis (6/1/2022), dikutip dari laman jabarptov.go.id.

Kang Emil berharap Kementerian Perhubungan selaku pemegang otoritas, agar segera meresmikan jalur tersebut karena sangat dinantikan masyarakat. Saat ini, pengoperasian jalur kereta api Cibatu-Garut tinggal menunggu finalisasi administrasi.

“Kewenangannya ada di Pak Menteri (Perhubungan). Saya harap bisa secepatnya menyelesaikan proses administrasi sehingga warga bisa menikmati fasilitas yang dinantikan ini,” tuturnya.

Inspeksi Jalur

Dalam inspeksi itu, Kang Emil yang didampingi Dirut PT KAI Didiek Hartantyo berhenti di tiga stasiun pemberhentian. Yaitu, Pasir Jengkol, Wanaraja, dan Garut.

Menurutnya, tiga stasiun tersebut walaupun kecil tapi memiliki fasilitas modern dan lengkap. Pelayanan kepada masyarakat juga diyakininya akan maksimal, dengan hadirnya fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Silakan baca: Jadwal Perjalanan Kereta Api Januari 2022

“Kami berhenti di tiga stasiun, kecil tapi keren dan pelayanannya modern sekali. Bangga saya melihatnya,” imbuhnya.

 

Klik halaman berikutnya