BandungKlik – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memulai pembangunan Jalan Tol Getaci (Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap). Rencananya konstruksi dimulai pada triwulan III 2022.

Jalan tol yang menghubungkan wilayah Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu proyek strategis nasional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Jalan Tol Getaci diharapkan sesuai jadwal, yakni selesai pada 2024 untuk pembangunan tahap pertama. Selain itu, selama proses konstruksi harus tetap memperhatikan kualitas pembangunan.

Dengan demikian, hasilnya bukan hanya tersambung, tetapi juga agar lebih nyaman digunakan masyarakat.

Basuki juga menyampaikan beberapa kendala yang ada, seperti struktur geologi yang memerlukan penanganan khusus.

“Jalan Tol Getaci khususnya di wilayah Gedebage ini struktur geologinya cukup rumit dengan banyak batuan gunung yang rawan longsoran. Sehingga perlu penanganan khusus selama proses konstruksi,” kata Basuki, dikutip dari laman bpjt.pu.go.id.

Bakal terpanjang

Jalan tol yang menghubungkan dua provinsi ini panjangnya mencapai total 206,65 kilometer. Di Jawa Barat membentang sepanjang 171,4 kilometer dan di Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer.

Seturut data, tol terpanjang di Indonesia saat ini adalah Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer. Tol ini membentang dari Lampung melintasi Pematang Panggang hingga Kayu Agung di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Kelak, Jalan Tol Getaci dengan nilai investasi sebesar Rp56,20 bakal masuk ke dalam daftar jalan tol terpanjang di negeri ini.

Dua tahap

Menurut rencana, pembangunan Jalan Tol Getaci dibagi dalam dua tahap. Pertama, Seksi 1 JC Gedebade (Bandung) – SS Garut Utara dan Seksi 2 SS Garut Utara – SS Tasikmalaya dengan target operasi tahun 2024.

Kedua, terdiri dari Seksi 3 SS Tasikmalaya – SS Patimuan dan Seksi 4 SS Patimuan – SS Cilacap dengan target operasi tahun 2029. *

Silakan baca: 

Hari Ini Tol Cisumdawu Seksi 1 Dibuka, Gratis Dua Pekan

Simbol Integrasi, Tol Akses BIJB Kertajati Resmi Beroperasi