BandungKlik – Jalan-jalan berwisata di Kota Yogyakarta (Jogja) ada sensasi baru. Ya di Kota Gudeg ini hadir moda transportasi umum yang diberi nama shuttle Si Thole yang siap mengantar wisatawan berkeliling.

Si Thole digunakan menjadi angkutan wisata khusus berkeliling ke kawasan wisata utama Kota Jogja. Seperti Keraton, Taman Sari, Taman Pintar, dan Titik 0 Kilometer area Malioboro.

Menurut Anik, pengelola administrasi Shuttle Si Thole, armada ini mulai diperkenalkan ke publik pada awal November 2014. Namun bukan sebagai angkutan wisata.

“Awalnya merupakan sebuah usaha untuk menampung tenaga kerja yang dulunya petugas parkir bus di Alun-Alun Utara. Ketika bus dipindahkan ke tempat parkir yang lebih nyaman. Salah satunya di Taman Parkir Ngabean dan Senopati, petugas parkirnya berganti profesi menjadi petugas halte atau driver si Thole,” jelas Anik dikutip dari laman Dispar Kota Yogyakarta.

Silakan baca: HeHa Sky View, Wisata Asyik dengan Panorama Estetik

Wisatawan akan dilayani untuk naik shuttle ini di checkpoint depan Bank BI di Taman Parkir Senopati, dan di Taman Parkir Ngabean. Ada 5 armada yang siap mengantar wisatawan, dengan kaca-kaca transparan di bagian samping. Sehingga penumpang dapat melihat pemandangan saat city tour berlangsung.

Armada & Reservasi

Armada shuttle Si Thole berupa microbus yang tampil unik. Berwarna hijau cerah dengan banyak jendela kaca mobil yang lebar di bagian sisi. Kapasitasnya 15 orang dewasa, dengan formasi tempat duduk 4-3-3-2 mulai dari belakang ke depan.

Ada tiga jenis tiket dengan harga terjangkau dan variasi rute yang menyesuaikan kebutuhan wisatawan. pilihan tiket berkisar dari harga Rp 5.000 untuk sekali jalan hingga Rp 15.000 untuk 3x putaran. Bisa didapat melalui halte shuttle ini di area Kraton Yogyakarta dan tiket box yang berlokasi di Tamansari.

Pemesanan tiket pun sudah bisa dilakukan secara daring via instagram. Caranya, wisatawan tinggal reservasi online dengan mengirim direct massage ke akun resmi @sitholejogja.

Silakan baca: Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

“Saat ini shuttle Si Thole dikelola oleh koperasi FKAAU (Forum Komunikasi Alun-Alun Utara), dengan Pak Fajar sebagai koordinator lapangan dan saya sebagai pengelola administrasi. Kami mendapat respon yang sangat baik dari wisatawan. Shuttle Si Thole juga sangat didukung kegiatannya melalui kerjasama kami dengan HPI Kota Jogja, Tour leader dari luar kota Jogja maupun travel agent,” papar Anik.*