Jalan-jalan di Kampung Wisata Kreatif Braga

Kampung Wisata Kreatif Braga
Teras Braga, salah satu spot di Kampung Wisata Kreatif Braga. (@disbudpar.bdg)

 

BandungKlik – Kota Bandung kembangkan terus sektor pariwisata dengan memunculkan destinasi-destinasi baru yang menarik bagi wisatawan, seperti Kampung Wisata Kreatif Braga. Sebuah destinasi wisata kota berbasis masyarakat yang dikemas secara kekinian.

Sejak dulu, kawasan Braga sedari dulu memang sudah menjadi tempat yang populer di Kota Bandung. Di sana banyak terdapat berbagai destinasi wisata yang menarik, mulai dari beragam kuliner legendaris, hingga bangunan cagar budaya dengan artsitektur Art Deco yang instagrammable.

Melihat potensi itulah, Pemkot Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung bersama masyarakat setempat mengembangkan kampung wisata kreatif tersebut. Dengan harapan dapat menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung.

Kampung Wisata Kreatif Braga merupakan kawasan wisata sejarah dan cagar budaya dengan mengusung konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) dan pariwisata secara berkelanjutan (sustainable tourism).

Di dalam kampung wisata yang diresmikan pada November 2019 lalu ini, terdapat Teras Braga, Co-Working Space, lukisan mural, seni budaya, hingga tanaman obat keluarga.

Silakan baca: Wisata Sambil Edukasi Nuklir di BATAN Bandung

Co-Working Space di sana, merupakan percontohan pertama di Kota Bandung yang menjadi tempat bagi individu maupun komunitas untuk mengembangkan usaha pada tahap awal. Dilengkapi berbagai fasilitas ruangan kantor yang bisa digunakan bersama-sama.

Ada pula layanan konsultasi bisnis dan profesi dari berbagai pihak yang mendukung Kampung Wisata Kreatif Braga. Juga ada pelatihan menjahit, melukis, merakit lampu, dan kreativitas berbasis ekonomi lainnya.

Selain itu, kerap diselenggarakan program skill development dan inkubasi bisnis secara sistematis, terjadwal, dan terukur. Hal ini dapat membangun iklim sinergi dan membantu akses individu maupun komunitas dengan jaringan bisnis dan profesional. Namun saat pandemi, kegiatan terhenti sementara waktu.

Berikutnya ada kawasan tanaman obat keluarga di RW 06, sanggar melukis, kacapi suling, tembang Sunda Cianjuran dan degung di Rumah Seni Ropih, serta industri kerajinan daur ulang sampah koran dan kantong plastik RW 06.

Silakan baca: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

Tak hanya itu, pasar antik Cikapundung serta wisata kuliner legendaris Bandung ada di sana. Seperti Braga Permai, Kopi Aroma, dan Warung Kopi Purnama. Spot lain yang tak kalah menarik, yakni Teras Braga. Di sana bisa dijumpai 14 tenan bagi pelaku UMKM dan kuliner.

Kampung Wisata Kreatif Braga terletak di Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Lokasinya strategis, tidak jauh dari Alun-alun Kota Bandung dan Stasiun Kota Bandung. Bisa diakses dengan mudah oleh berbagai transportasi umum.

Pengunjung pun bisa berjalan kaki dengan jalur melewati Teras Braga atau melewati Jalan Kejaksaan, lalu menyususi Kampung Wisata Braga sambil berinteraksi dengan warga setempat yang ramah.

Jangan lupa, tetap memperhatikan standar penerapan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku secara ketat. Kawasan Kampung Wisata Kreatif Braga sudah menerapkan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) bagi wisatawan yang berkunjung.*

Sumber: disbudpar.bandung